Ada Teman Dekat atau Keluarga yang Positif COVID-19? Ini yang Wajib Dilakukan

Ada Teman Dekat atau Keluarga yang Positif COVID-19? Ini yang Wajib Dilakukan

Naviri Magazine - Penularan COVID-19 pada umumnya terjadi dari lingkungan terdekat baik dari teman maupun keluarga. Apa sih yang harus dilakukan saat orang terdekat dinyatakan positif COVID-19?

dr Dewi Nur Aisyah Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 menjelaskan seseorang yang melakukan kontak erat dengan pasien positif COVID-19 harus segera contact tracing. Contact tracing dilakukan para tenaga kesehatan saat menemukan satu laporan kasus positif COVID-19.

"Apa sih sebenarnya penelusuran kontak itu? Jadi yang dilakukan oleh para tenaga surveilans di lapangan, ketika mereka menemukan ada satu laporan kasus positif misalnya, maka dia akan mendatangi pasien tersebut," ungkap dr Dewi saat melakukan siaran pers BNPB melalui kanal YouTube.

- Ditanyakan bagaimana kondisinya
- Dipastikan apakah ada gejala COVID-19 atau tidak
- Dilakukan pemeriksaan swab test untuk mengetahui apakah terpapar atau tidak
- Wajib karantina atau isolasi mandiri sampai hasil tes COVID-19 keluar.

"Ketika ada seseorang yang kontak erat dengan pasien positif COVID-19 ini wajib karantina mandiri atau isolasi mandiri sampai dengan hasil keluar," tegas dr Dewi.

Sementara itu, bila pasien yang melakukan kontak erat dinyatakan positif COVID-19, penelusuran kontak akan dimulai melalui riwayat perjalanan kembali. Dilanjut dengan memastikan kondisi pasien apakah memiliki penyakit penyerta atau tidak.

"Apa ada kondisi penyerta nggak? pernah pergi kemana aja, berapa lama dengan siapa, kemudian pernah kontak erat dengan siapa saja, list serumah dengan siapa, kemudian juga sempat pergi ke kantor nih ketemu dengan seruangan ada A, B, C, dan E," ungkapnya.

"Jadi kontak kontak erat ini diidentifikasi. Siapa sajakah orang-orang yang memang punya kontak erat dengan pasien positif," pungkasnya.

Related

Tips 4861437570461962381

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item