Berapa Lama Tes Swab COVID-19 Bisa Diketahui Hasilnya? Ini Penjelasan Pakar

Berapa Lama Tes Swab COVID-19 Bisa Diketahui Hasilnya? Ini Penjelasan Pakar

Naviri Magazine - Penularan virus Corona COVID-19 semakin dekat dengan lingkungan sehari-hari, tak terkecuali orang terdekat yang mungkin terpapar. Untuk memastikan tubuh ini aman dari paparan virus, sebagian orang memilih melakukan tes swab, baik secara mandiri atau swadaya maupun ikut gratisan.

Namun, terkadang hasil tes tersebut tidak bisa langsung diketahui. Butuh waktu berhari-hari, bahkan hingga hitungan pekan hingga hasilnya keluar. Sebenarnya, berapa lama sih tes swab itu bisa diketahui hasilnya?

"Lamanya bervariasi. Secara teknis sih sehari selesai. Tapi kan laboratorium kan ada pola efisiensi. Ya rata-rata sekitar mungkin 3-4 hari," kata pakar biologi Ahmad Rusdan Handoyo Utomo, PhD, saat dihubungi.

Ahmad juga menegaskan setelah melakukan swab wajib melakukan isolasi mandiri. Ini dilakukan sampai hasil pastinya keluar.

Menurut Ahmad, saat seseorang didefinisikan sebagai kontak erat dan melakukan swab, harus mencoba menempatkan dirinya sebagai suspek. Hal ini perlu ditekankan lagi agar masyarakat semakin paham terkait apa yang harus dilakukan setelah melakukan tes swab.

Terkait hasil yang lama keluar, Ahmad memprediksi mungkin karena masalah jarak tempat tes dan kehabisan stok reagen. Ini bisa menjadi evaluasi pemerintah untuk mencari solusi, agar hasil tesnya bisa lebih cepat keluar misalnya ada kerja sama dengan laboratorium yang bisa membantu.

"Mungkin karena di daerah, atau karena ada kehabisan stok reagen. Iya ini bisa jadi feedback ke pemerintah coba dicari solusinya," kata Ahmad.

"Ya standarnya harus cepat. Itu bisa jadi evaluasi, supaya kinerja semua alat itu bisa memberikan hasil yang cepat yang mestinya 2-3 hari keluar," jelas Ahmad.

Related

Indonesia 2873438393943631177

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item