Berawal Jadi Pencuci Piring, Pria Ini Sekarang Jadi Konglomerat dengan Harta Rp 116 Triliun

Berawal Jadi Pencuci Piring, Pria Ini Sekarang Jadi Konglomerat dengan Harta Rp 116 Triliun

Naviri Magazine - Nasib seseorang tidak ada yang tahu ke depannya. Ini pula yang dialami seorang miliuner asal Pakistan, Shahid Khan.

Pria berusia 70 tahun itu adalah pengusaha sukses yang dulunya nekat merantau ke Amerika Serikat (AS). Siapa sangka, awal merantau, Shahid bekerja sebagai pencuci piring di salah satu restoran dengan bayaran US$ 1,20 per jam.

Dari mencuci piring, Shahid Khan mampu berkuliah dan akhirnya menyelesaikan gelar sarjana di jurusan teknis industri dari University of Illinois at Urbana-Champaign (UIUC) pada 1971. Khan menjadi warga negara AS pada tahun 1991.

Khan sudah mulai mewujudkan mimpinya yang ingin menjadi orang sukses sejak kuliah. Karir pertama Shahid adalah saat ia bekerja di Flex-N-Gate, perusahaan manufaktur otomotif.

Setelah lulus kuliah, dirinya terpilih menjadi Direktur Teknis di perusahaan tersebut. Dia merupakan pelopor pembuatan bumper mobil untuk truk pikup dan bengkel perbaikan.

Dengan karir yang melonjak, pada tahun 1980 Shahid membeli perusahaan Flex-N-Gate dan hanya dalam waktu sembilan tahun menjadikan perusahaannya sebagai satu-satunya pemasok suku cadang Toyota di AS.

Ambisi serta ketekunannya tidak berhenti sampai di situ. Ia juga berusaha untuk memiliki tim National Football League (NFL) pada tahun 2020 dengan mengakuisisi 60% St Louis Rams.

Namun pemegang saham minoritas, Stan Kroenke membatalkan perjanjian tersebut karena terbentur oleh klausul. Akan tetapi Khan tidak menyerah begitu saja, dirinya tetap membeli Jacksonville Jaguar, salah satu tim American Football pada tahun 2011.

Bapak dari orang anak ini pun semakin kecanduan dengan menanam saham di dunia olahraga. Pasalnya sekitar dua tahun setelah memberi tim football, dirinya membeli klub sepak bola Fulham yang berbasis di Inggris.

Dengan kekayaan berlimpah, kini ia memiliki harta kekayaan sekitar US$ 7,8 miliar atau Rp 116 triliun, angka tersebut menjadikan dirinya miliuner urutan ke-66 versi Forbes.

Shahid Khan juga tampil di sampul depan majalah Forbes pada tahun 2012 sebagai wajah American Dream.

Related

Figures 7811526003687080170

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item