Cara Sopan Mengingatkan Orang Lain Supaya Pakai Masker dan Jaga Jarak

Cara Sopan Mengingatkan Orang Lain Supaya Pakai Masker dan Jaga Jarak

Naviri Magazine - Belum semua orang menyadari kalau protokol kesehatan adalah cara yang terbaik agar kita terhindar dari Covid-19. Virus Sars Cov-2 yang menyebar melalui droplet atau percik air liur yang ukurannya sangat kecil saat seseorang bicara, batuk, bersin, atau berteriak, ini sangat sulit terdeteksi.

Sebab itu, setiap orang mesti menjaga diri dengan protokol kesehatan yang memuat tiga langkah sederhana, yakni #pakaimasker #cucitangan dan #jagajarak. Kita pun tak perlu ragu mengingatkan orang lain yang belum menerapkan cara paling mudah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Mengutip informasi di laman #satgascovid19, masyarakat membutuhkan penyesuaian untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru berupa protokol kesehatan tadi. Adaptasi kebiasaan baru merupakan proses bertahap yang tergantung pada situasi di daerah masing-masing. Menurut para ahli, situasi dapat berubah dengan cepat bila lebih banyak orang terkena Covid-19.

Adaptasi kebiasaam baru bukan berarti kembali ke kehidupan normal dan melakukan segala aktivitas seperti sebelum pandemi Covid-19. Adaptasi kebiasaan baru memaksa kita menyesuaikan diri dengan keadaan di masa pandemi Covid-19 ini.

Di antaranya lebih baik tetap di rumah dan hanya keluar bisa memang benar-benar perlu. Terlebih bagi orang lanjut usia dan memiliki riwayat penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan paru-paru.

Ketika keluar rumah, jangan sampai lepas masker, sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak, serta menjauhi kerumunan. Lantas bagaimana jika kita berada di dekat orang yang tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak?

Jangan ragu menegurnya. Tapi tentu lakukan dengan cara yang santun, misalkan, "maaf, tolong jaga jarak, ya". Atau jika orang tersebut tidak memakai masker dan kita membawa masker lebih yang masih bersih, maka berikan kepadanya. Dengan begitu, setiap orang akan merasa lebih aman dan nyaman.

Pastikan juga kita memakai masker dengan cara yang benar, yakni menutupi hidung, mulut, dan dagu. Jangan sampai kita menjadi perantara Covid-19 dan menularkan virus ini kepada orang lain.

Mengenai jaga jarak, upayakan berada sejauh 1 meter dari orang-orang di sekitarmu. Dan rajinlah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun minimal selama 20 detik atau bisa juga menggunakan hand sanitizer dengan kandungan minimal 60 persen alkohol.

Related

Tips 6202183776242292032

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item