Ini 3 Camilan Keripik yang Laris di Pasar Online, Bisa Jadi Ide Bisnis Saat Pandemi

Ini 3 Camilan Keripik yang Laris di Pasar Online, Bisa Jadi Ide Bisnis Saat Pandemi

Naviri Magazine - Camilan seperti keripik menjadi salah satu bisnis UMKM yang kini populer di marketplace Indonesia. Menurut survei yang dilakukan marketplace Telunjuk.com melalui Compas.co.id mengumpulkan data pegiat keripik di tiga e-commerce besar Indonesia (Tokopedia, Shopee, Bukalapak) dengan periode Juni hingga Agustus 2020. 

Hasilnya, 89,65 persen pegiat bisnis keripik online di marketplace berasal dari pelaku UMKM. Selain tinggi pelaku UMKM, bisnis keripik di e-commerce memiliki pangsa pasar yang terbilang besar, mencapai angka rata-rata 33,37 persen. Uniknya, camilan tanpa merek justru lebih dimintai dengan nilai penjualan mencapai 87,8 persen. 

Berbagai macam keripik seperti singkong, tempe, ubi, basreng, dan masih banyak lagi adalah deretan camilan yang paling laku. Namun, tiga jenis keripik UMKM berikut menjadi yang paling laris di marketplace. Apa saja?

1. Keripik kaca atau beling 

Seperti namanya, keripik ini memiliki bentuk yang tipis bak beling dengan bumbu gurih. Makanan ringan ini terbuat dari bahan dasar tepung dan air yang dipanaskan sampai kental. Setelah mengental, adonan kemudian dikeringkan dan diberi bumbu. 

Keripik pedas asin ini menjadi jenis camilan paling populer dengan persentase penjualan mencapai 22,9 persen. Selain nikmat, keripik ini juga cukup mudah dibuat, sehingga banyak UMKM yang mencoba menjual versinya sendiri.

2. Keripik pisang 

Keripik pisang rupanya masih menjadi salah satu yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Berada satu tingkat di bawah keripik kaca, 20,2 persen penjualan makanan renyah di online marketplace berasal dari keripik pisang. 

Keripik ini terbuat dari pisang yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Jenis keripik pisang sendiri bermacam-macam, ada yang asin beraroma bawang gurih atau manis dengan taburan bubuk cokelat.

3. Keripik singkong 

Walaupun sudah banyak brand keripik singkong di supermarket, penjualannya di online marketplace masih berada di posisi ketiga tertinggi, yakni mencapai 19,8 persen. Keripik singkong yang diminati merupakan yang sudah diberi berbagai macam bumbu; seperti bubuk cabai, BBQ, Balado, dan lainnya.

Nah, dengan adanya data baru ini siapa tahu bisa menjadi ide bisnis kuliner baru buat kamu yang pengin membangun usaha di tengah pandemi. Syukur-syukur bisa laku dan menambah pendapatan, kan?

Related

Food 1375907820152734814

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item