Ini 5 Jenis Industri yang Masih Buka Banyak Lowongan Kerja Selama Pandemi

Ini 5 Jenis Industri yang Masih Buka Banyak Lowongan Kerja Selama Pandemi

Naviri Magazine - Jumlah pencari kerja meningkat tajam di masa pandemi virus corona. Namun jangan putus asa, karena masih ada lowongan pekerjaan yang bisa dilamar.

Berdasarkan data Jobstreet, banyak perusahaan yang masih aktif melakukan perekrutan karyawan di masa pandemi, setidaknya hingga enam bulan ke depan. Sebanyak 32% dari perusahaan yang memasang iklan lowongan pekerjaan di Jobstreet mengatakan akan memprioritaskan karyawan yang kehilangan pekerjaan karena pandemi Covid-19.

"32% mengatakan iya, dengan fakta mungkin pertimbangannya mereka kehilangan pekerjaan dan bisa bergabung dengan lebih cepat tanpa perlu waktu tunggu," kata Country Manager Jobstreet Indonesia, Faridah Lim dalam webinar.

Sedangkan sebanyak 56% perusahaan mengatakan pandemi tidak memengaruhi keputusan mereka dalam perekrutan karyawan. Mereka akan fokus sesuai dengan kriteria yang dicari oleh perusahaan seperti sebelum masa pandemi.

Faridah melanjutkan, ada lima industri utama yang masih membuka lowongan pekerjaan. Ini dilihat dari jumlah iklan lowongan pekerjaan yang dipasang perusahaan.

"Industri berat atau industri yang membutuhkan main power besar itu  masih aktif memasang iklan lowongan dan mencari karyawan," lanjutnya.

Inilah lima industri utama yang masih merekrut karyawan selama pandemi virus corona:

1. Manufaktur/Produksi

Perusahaan di industri manufaktur atau produksi memasang 5.273 iklan lowongan pekerjaan. Posisi yang dicari adalah supervisor produksi, purchasing staff, operator produksi, drafter, warehouse manager, admin gudang, dan IT staff.

2. General Trading & Grosir

Ada 2.703 iklan lowongan pekerjaan yang dipasang perusahaan di industri ini. Posisi yang dicari adalah sales executive, digital marketing, sales engineer, accounting, IT support, business development manager, dan kepala gudang.

3. Perbankan/Layanan Keuangan

Perusahaan di industri ini membuka 2.497 lowongan pekerjaan. Posisi yang dicari yaitu desk collection, account officer, IT programmer, digital marketing, relationship manager funding, legal staff, dan credit analyst.

4. Ritel/Merchandise

Di industri ritel, ada 2.485 lowongan pekerjaan yang dibuka. Posisi yang dibutuhkan adalah digital marketing, graphic designer, content creator, store manager, social media specialist, web developer, dan kepala gudang.

5. Komputer/Information Technology (Software)

Industri ini membuka 2.232 lowongan pekerjaan. Posisi yang dibutuhkan adalah full stack developer, system analyst, project manager, android & iOS developer, web developer, UI/UX designer, system engineer, dan software tester.

Related

Corona 4965060620828471045

Recent

item