Ini Hubungan Diabetes dan Mata Kabur Seperti yang Dialami Zumi Zola

Ini Hubungan Diabetes dan Mata Kabur Seperti yang Dialami Zumi Zola

Naviri Magazine - Kabar kurang baik datang dari aktor sekaligus mantan gubernur Jambi, Zumi Zola. Setelah bercerai dari sang istri, Sherrin Tharia dan harus mendekam di penjara akibat kasus gratifikasi dan suap, kini kondisi kesehatannya dikabarkan menurun.

Melalui kuasa hukumnya, Muhammad Farizi, ia telah mengajukan permohonan izin untuk memeriksakan kondisi kesehatannya. Alasannya Zumi Zola sulit melihat akibat diabetes yang dideritanya sejak tahun 2007 silam.

“Dia enggak banyak mengeluh, cuma dia minta dijadwalkan berobat ke dokter karena mata Zumi Zola susah melihat. Itu tadi kita sampaikan juga dan sudah disetujui. KPK bersedia memfasilitasi untuk berobat ke dokter spesialis,” kata Farizi kepada awak media.

Terlepas dari apa yang Zumi Zola rasakan, para penderita diabetes memang rentan mengalami masalah pada organ mata. Disebut juga dengan diabetik retinopati, ini adalah kondisi dimana seseorang mengalami mata kabur hingga kebutaan akibat gula darah yang tinggi.

Melansir dari situs Mayo Clinic, terdapat dua jenis diabetik retinopati, yakni dini atau nonproliferatif (NPDR) dan lanjut atau proliperatif. Bagi mereka yang mengalami diabetik retinopati NPDR, dinding pembuluh darah di retina umumnya akan melemah. Hal tersebut menyebabkan sejumlah kecil pendarahan.

Adapun pada kondisi yang lebih parah, pembuluh darah bisa tersumbat dan serat saraf di retina mengalami pembengkakan. Ini bisa pecah dan membuat cairan dari darah keluar dan menutupi makula. Hal tersebut kemudian diyakini membuat penglihatan menjadi kabur.

Terkait diabetik retinopati lanjut atau proliferatif, pembuluh darah yang rusak bisa menyebabkan pertumbuhan pembuluh darah baru yang abnormal di retina. Hal tersebut dapat bocor ke dalam zat bening seperti jeli yang mengisi bagian tengah mata atau vitreous.

Akhirnya, jaringan parut yang dirangsang oleh pertumbuhan pembuluh darah baru dapat menyebabkan retina terlepas dari bagian belakang mata. Jika pembuluh darah baru mengganggu aliran normal cairan keluar dari mata, tekanan bisa terbentuk di bola mata. Hal ini dapat merusak saraf yang membawa gambar dari mata ke otak (saraf optik), yang mengakibatkan kebutaan.

Untuk itu, penting bagi seluruh pengidap diabetes untuk mengelola gula darah agar mencegah risiko kehilangan penglihatan. Melakukan pengecekan mata tahunan juga disarankan agar perubahan pada mata yang mungkin terjadi secara tiba-tiba dapat diatasi dengan segera.

Related

News 6819747762384354475

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item