Kisah Robin Hood di Dunia Maya: Mencuri Uang Lewat Internet, Lalu Disumbangkan ke Badan Amal

Kisah Robin Hood di Dunia Maya: Mencuri Uang Lewat Internet, Lalu Disumbangkan ke Badan Amal

Naviri Magazine - Sebuah kelompok peretas menyumbangkan uang curian untuk badan amal, kejahatan dunia maya pertama yang misterius dan membingungkan para ahli.

Para peretas Darkside mengklaim telah memeras jutaan dolar dari perusahaan, tetapi mengatakan mereka kini ingin "menjadikan dunia tempat yang lebih baik".

Dalam sebuah unggahan di web gelap, kelompok tersebut memposting tanda terima sebesar $ 10.000 (Rp147 juta) dalam bentuk sumbangan Bitcoin untuk dua badan amal.

Salah satu badan amal, Children International, mengatakan tidak akan menyimpan uang itu. Langkah tersebut dipandang sebagai perkembangan yang aneh dan meresahkan, baik secara moral maupun hukum.

Dalam unggahan blog, para peretas mengklaim bahwa mereka hanya menargetkan perusahaan besar yang menguntungkan dengan serangan ransomware. Serangan tersebut menyandera sistem IT perusahaan sampai uang tebusan dibayarkan.

Mereka menulis: "Kami pikir adil bahwa sejumlah uang yang telah dibayarkan perusahaan akan disumbangkan. Tidak peduli seberapa buruk pekerjaan kami menurut Anda, kami senang mengetahui bahwa kami membantu mengubah hidup seseorang. Hari ini kami mengirimkan sumbangan pertama."

Penjahat dunia maya itu mengunggah bukti donasi dengan tanda terima pajak atas sumbangan 0,88 Bitcoin ke dua badan amal, The Water Project dan Children International.

Children International mendukung anak-anak, keluarga, dan komunitas di India, Filipina, Kolombia, Ekuador, Zambia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Seorang juru bicara Children International mengatakan: "Jika sumbangan itu terkait dengan peretas, kami tidak berniat menerima uangnya".

The Water Project, yang bekerja untuk meningkatkan akses ke air bersih di sub-Sahara Afrika, belum menanggapi permintaan komentar.

Brett Callow, analis di perusahaan keamanan dunia maya Emsisoft, mengatakan: "Apa yang diharapkan para penjahat itu dengan memberikan sumbangan sama sekali tidak jelas. Mungkin sumbangan itu membantu meredakan rasa bersalah mereka? Atau mungkin karena alasan egois mereka ingin dianggap sebagai karakter Robin Hood alih-alih sebagai pemeras yang tidak berhati nurani.

"Apa pun motivasi mereka, itu jelas merupakan langkah yang sangat tidak biasa dan, sejauh yang saya tahu, pertama kalinya sebuah grup ransomware menyumbangkan keuntungan mereka untuk amal."

Kelompok peretas Darkside relatif baru, tetapi analisis pasar mata uang kripto mengonfirmasi bahwa mereka secara aktif memeras dana dari para korban.

Ada juga bukti bahwa mereka mungkin memiliki hubungan ke kelompok penjahat dunia maya lain yang bertanggung jawab atas serangan lain seperti terhadap perusahaan Travelex, yang dilumpuhkan oleh ransomware pada Januari lalu.

Cara peretas berdonasi juga mungkin harus diperhatikan para penegak hukum. Penjahat dunia maya menggunakan perusahaan AS The Giving Block, yang digunakan oleh 67 organisasi nirlaba berbeda dari seluruh dunia, termasuk Save the Children, Rainforest Foundation, dan She's The First.

The Giving Block menggambarkan dirinya secara daring sebagai "satu-satunya solusi penerimaan donasi mata uang kripto untuk organisasi nirlaba".

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2018, memfasilitasi 'jutawan' mata uang kripto untuk memanfaatkan "insentif pajak yang sangat besar untuk menyumbangkan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya secara langsung ke organisasi nirlaba".

The Giving Block mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui sumbangan ini diberikan oleh penjahat dunia maya. Mereka mengatakan: "Kami masih berupaya untuk menentukan apakah dana ini benar-benar curian. Jika ternyata sumbangan ini dilakukan dengan menggunakan dana curian, tentu saja kami akan mengembalikannya kepada pemilik yang sah."

Perusahaan itu tidak mengklarifikasi apakah ini berarti mengembalikan uang yang dicuri kepada penjahat atau mencoba mencari tahu korban yang telah diperas uangnya.

The Giving Block, yang juga merupakan pendukung mata uang kripto, menambahkan: "Fakta bahwa mereka menggunakan kripto akan membuat lebih mudah, bukan lebih sulit, untuk menangkap mereka."

Namun, The Giving Block belum merinci informasi apa saja yang mereka kumpulkan tentang para donaturnya.

Sebagian besar layanan pembelian dan penjualan koin digital seperti Bitcoin mengharuskan pengguna untuk memverifikasi identitas mereka, tetapi tidak jelas apakah hal itu telah dilakukan di sini.

Para ahli mengatakan, kasus ini menyoroti kompleksitas dan bahaya donasi anonim. Penyelidik mata uang kripto Philip Gradwell dari Chainanalysis mengatakan:

"Jika Anda datang ke kantor badan amal untuk menyumbang dengan anonim sebesar 10.000 Pound dalam bentuk tunai, kemudian meminta tanda terima pajak, pertanyaan tertentu mungkin harus diajukan - dan hal itu tidak berbeda di sini [donasi dengan mata uang kripto]. 

"Memang benar bahwa peneliti dan penegak hukum telah menjadi ahli dalam melacak dana mata uang kripto saat mereka dipindahkan dari wallet ke wallet. Namun, menemukan siapa yang sebenarnya memiliki setiap wallet itu jauh lebih rumit.

"Mengizinkan sumbangan anonim dari sumber yang berpotensi ilegal membuka bahaya pencucian uang. Semua bisnis mata uang kripto memerlukan berbagai tindakan Anti-Pencucian Uang termasuk program Mengenal Pelanggan Anda (KYC) dengan pemeriksaan latar belakang pelanggan."

Save the Children mengatakan bahwa mereka "tidak akan pernah secara sadar mengambil uang yang diperoleh melalui kejahatan".

She's the First, sebuah badan amal untuk pendidikan anak perempuan di seluruh dunia, mengatakan tidak akan pernah merasa nyaman menerima uang dari sumber anonim, yang mungkin dari hasil kriminal, dan berkata:

"Sayang sekali bahwa aktor jahat memanfaatkan kesempatan untuk menyumbangkan mata uang kripto untuk kepentingan pribadi, dan kami berharap bahkan donor anonim pun menganut nilai-nilai yang dijunjung komunitas kami."

Related

World's Fact 8025160108503233397

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item