Marak Kasus Gagal Bayar di Indonesia, di Mana Simpan Uang Paling Aman?

 Marak Kasus Gagal Bayar di Indonesia, di Mana Simpan Uang Paling Aman?

Naviri Magazine - Masyarakat mungkin perlu berpikir ulang sebelum menyimpan uangnya di lembaga keuangan karena maraknya kasus gagal bayar. Salah satu contohnya adalah kasus gagal bayar dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) LiMa Garuda.

Lalu, di mana sebaiknya masyarakat mempercayakan uangnya untuk dikelola? Menjawab hal tersebut, Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho menilai bahwa itu kembali lagi kepada masing-masing orang.

"Sebenarnya kalau berbicara tentang yang paling aman tentunya kembali lagi profil kemampuan kita menerima risiko seperti apa. Artinya kita nggak bisa sama ratakan," kata dia saat dihubungi.

Dijelaskannya, setiap orang memiliki profil risiko yang berbeda-beda. Ada yang bersifat konservatif, modern, dan agresif. Artinya ada orang yang cenderung berani ambil risiko, ada pula yang berusaha seminimal mungkin menghadapi risiko.

Namun prinsipnya, biasanya yang tinggi risiko mereka menawarkan imbal hasil yang tinggi juga. Sebaliknya, yang menawarkan risiko rendah mereka memberikan imbal hasil yang rendah juga.

"Kan sederhananya kalau kita memang high risk high return, low risk low return. Pasti kan seperti itu. Jadi kalau kita memang mau risiko yang sekecil mungkin, seminim mungkin, risikonya ada nggak? nggak ada, (tapi) duit kita mungkin berkembangnya nggak optimal," jelasnya.

Terlepas dari itu, dia menjelaskan bahwa semuanya pasti mengandung risiko. Tinggal bagaimana meminimalkan risikonya dengan melakukan penelitian lebih dulu sebelum mempercayakan uang kita kepada lembaga keuangan.

"Jadi mesti dipahami juga bahwa semuanya itu pasti ada risikonya. Jadi sekecil apapun pasti ada risikonya," tambah dia.

Related

News 119648602675121438

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item