Nangka, Buah yang Menyelamatkan Sri Lanka dari Wabah Kelaparan (Bagian 2)

Nangka, Buah yang Menyelamatkan Sri Lanka dari Wabah Kelaparan

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Nangka, Buah yang Menyelamatkan Sri Lanka dari Wabah Kelaparan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Sebuah artikel New York Times tahun 1974 mengutip perdana menteri Sri Lanka saat itu Sirimavo Bandaranaike yang mengatakan situasi ekonomi yang mengerikan telah "hampir mengimpit kami sampai sesak - kami sungguh-sungguh berjuang untuk bertahan hidup".

Tetapi berkat kampanye Dias pada awal 1900-an, orang-orang menanam pohon nangka di halaman belakang mereka.

Amarasinghe menjelaskan bahwa anakan-anakan itu - yang telah tumbuh menjadi pohon tinggi dan berbuah jauh sebelum tahun 1970-an - membantu rakyat Sri Lanka melalui krisis.

"Nenek saya berasal dari keluarga berada, tapi pemerintah hanya mengizinkan mereka untuk membeli 2 kg beras untuk seminggu. Selama bertahun-tahun, buah nangkalah yang membuat mereka bisa tetap makan," kata Amarasinghe.

Baru-baru ini, Amarasinghe mengatakan bahwa nangka juga menjadi makanan pokok selama berbulan-bulan karantina di Sri Lanka untuk mengendalikan Covid-19.

Dalam pekan-pekan awal pandemi, banyak orang di pedesaan kehilangan pendapatan mereka dan perlu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan bagi program kesejahteraan pemerintah untuk mencapai dusun-dusun terpencil ini. Tanpa akses ke uang atau makanan, banyak penduduk desa terpaksa merebus nangka.

Tapi nangka bukan hanya 'buah kelaparan'. Cinta dan rasa syukur yang mendalam untuk nangka di pulau ini telah melahirkan sejumlah hidangan beraroma, dan kami menggunakan setiap bagiannya dalam beragam masakan kami.

Buah nangka muda yang lembut tanpa biji masuk ke kari beraroma yang dikenal sebagai polos ambula.

Proses pembuatan kari yang padat-karya terdiri dari memasak nangka muda dalam panci tanah liat di atas api selama sedikitnya enam jam.

Seiring berjalannya waktu, irisan nangka muda mendidih dalam kaldu kelapa yang dicampur rempah-rempah, menyerap rasa cengkeh, kapulaga, asam kering dan bumbu aromatik lainnya.

Biji nangka matang berlendir dan rasanya lebih enak dengan taburan garam. Biji nangka rebus jadi bahan kari berwarna hitam pekat yang disebut kos ata kalu pol maluwa, dimakan dengan nasi goreng dan kelapa parut.

Fleksibilitas buah nangka juga bisa ditemukan di luar dapur.

"Sulit untuk memikirkan pohon lain dengan begitu banyak kegunaan," kata Diwani Welitharage, seorang apoteker yang memasak dengan bahan-bahan lokal di waktu luangnya.

Welitharage mengutip popularitas pohon nangka sebagai sumber kayu dan banyak penggunaan daun dan bunga dalam pengobatan Ayurvedic untuk mengobati diabetes. Kaya karbohidrat, nangka juga merupakan sumber serat makanan dan vitamin C yang baik.

Welitharage menggunakan tepung nangka dalam muffin dan kue, dan kentang goreng irisan polong nangka menjadi keripik yang sarat dengan gula. Demikian pula, banyak restoran Hela Bojun - prakarsa Departemen Pertanian yang memberdayakan perempuan untuk mencari nafkah dengan memasak masakan tradisional Sri Lanka - menyajikan kos kottu.

Kottu, jajanan pinggir jalan dan obat pengar yang populer, adalah campuran sisa roti pipih, irisan sayuran, telur dan daging. Hela Bojun yang dikelola para ibu-ibu itu menyajikan kottu vegan yang lebih sehat menggunakan nangka rebus.

Meskipun nangka secara tradisional dimasak di rumah, buah sederhana ini semakin banyak ditemukan di banyak restoran kelas atas di seluruh negeri.

"Suatu hari kami punya nangka muda berlebih, jadi saya berpikir untuk mengolahnya jadi cutlet [camilan seperti kroket] untuk tamu yang vegetarian atau vegan," kata koki Wasantha Ranasinghe di Upali's by Nawaloka, sebuah restoran populer di Kolombo yang menyajikan hidangan lokal otentik.

Potongan nangkanya yang lembut, disajikan dengan saus cabai pedas buatan sendiri, segera menjadi populer di antara para pencari kenikmatan yang kerap mengunjungi restoran itu.

Related

News 4402858233879329296

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item