5G Belum Merata, Tiongkok Sudah Luncurkan Satelit 6G Eksperimental Pertama

5G Belum Merata, Tiongkok Sudah Luncurkan Satelit 6G Eksperimental Pertama

Naviri Magazine - Meskipun saat ini teknologi jaringan 5G masih hanya bisa dinikmati di beberapa negara besar saja, saat ini para peneliti sudah mulai melakukan penelitian untuk jaringan generasi selanjutnya yaitu 6G. Tiongkok pun diketahui sudah memulai langkah pertama mereka.

Ya, pada 6 November 2020 kemarin, roket Long March 6 telah meluncur ke luar angkasa dari Taiyuan Satellite Launch Center di provinsi Shanxi untuk membawa satelit 6G eksperimental China University of Electronic Science and Technology.

Diketahui bahwa satelit tersebut juga menjadi satelit 6G pertama di dunia yang sukses diluncurkan ke luar angkasa untuk memulai pengembangan jaringan 6G.

Bahkan disebutkan juga satelit ini juga dibekali oleh sebuah satelit komunikasi yang dapat mentransfer data dengan kecepatan hingga satuan terahertz. Hal tersebut tentu menjadi pencapaian tersendiri untuk para peneliti di China University of Electronic Science and Technology.

"Ini menunjukkan pencapaian Tiongkok dalam hal mengeksplorasi teknologi komunikasi terahertz di luar angkasa," ucap Xu Yangsheng, Academic Director dari Satellite Technology Research Institute di Tiongkok.

Tidak hanya berfungsi untuk melakukan eksperimen terhadap jaringan 6G saja, diketahui bahwa satelit ini juga akan digunakan untuk membuat aplikasi pintar yang dapat memprediksi bencana dan hal-hal lainnya. 

Bagaimana menurut kalian tentang langkah Tiongkok yang sudah mulai mengembangkan jaringan 6G ini?

Related

Technology 7880732940171007802

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item