Berkaca dari Kasus Raibnya Uang Nasabah Maybank, Ini Tips Aman Simpan Uang di Bank

Berkaca dari Kasus Raibnya Uang Nasabah Maybank, Ini Tips Aman Simpan Uang di Bank

Naviri Magazine - Kasus hilangnya uang senilai Rp20 miliar milik atlet e-sport, Winda D Lunardi alias Winda Earl dan ibunya, Floletta Lizzy Wiguna selaku nasabah PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) terus menjadi sorotan masyarakat. Publik pun merasa khawatir akan keamanan uang tabungan yang di simpan pada bank.

Ekonom sekaligus Direktur Riset CORE Indonesia, Piter Abdullah, membagikan sejumlah tips kiat menyimpan uang di bank yang aman. Pertama, masyarakat diminta memahami mengenai arah bisnis bank juga prosedur yang berlaku di tiap-tiap bank.

"Nasabah bank hendaknya paham mengenai bisnis bank dan juga prosedur di bank. Jadi bisa menghindari kejadian-kejadian yang bisa merugikan dirinya," ujar dia saat dihubungi.

Piter mengatakan, pemahaman nasabah tersebut penting untuk mendeteksi lebih awal apabila terjadi hal yang mencurigakan atau melanggar prosedur. Alhasil keamanan uang nasabah menjadi lebih terjamin.

Lalu, nasabah juga diminta lebih proaktif untuk memeriksa jumlah atau saldo tabungan secara berkala. Langkah preventif ini dimaksudkan untuk menghindari kasus pembobolan uang yang disimpan.

"Jadi, paling tidak satu bulan sekali usahakan mencetak buku tabungan atau memeriksa saldo berkala," imbuh dia.

Terakhir, nasabah didorong untuk lebih berani melaporkan pada lembaga yang berwenang apabila menemukan adanya suatu kejanggalan. Misalnya ke kantor pusat bank atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator.

"Khususnya jika merasa adanya transaksi yang mencurigakan ataupun prosedur bank yang salah," tegasnya. 

Related

News 4604792212585955875

Recent

item