Ini 4 Cerita Viral tentang Alien ke Indonesia: Ada yang Berkunjung ke Rumah Bung Karno

Ini 4 Cerita Viral tentang Alien ke Indonesia: Ada yang Berkunjung ke Rumah Bung Karno

Naviri Magazine - Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) akan mulai meneliti planet di luar tata surya, atau exoplanet pada 2021 untuk mengetahui keberadaan alien. Namun tahukah kamu bahwa sempat viral beberapa kisah cerita alien ke Indonesia?

Dirangkum dari beberapa sumber, ini dia di antaranya:

UFO muncul di NTB

Mengutip Daily Star, sempat gempar kejadian obyek melingkar dan bersinar menyerupai UFO yang perlahan turun di sebuah pulau di Nusa Tenggara Barat. Seorang guru di salah satu sekolah melaporkan murid-muridnya menjerit ketakutan melihat penampakan tersebut saat bermain di halaman sekolah.

"Saya mendengar suara anak-anak, kemudian keluar untuk melihat dan segera merekam fenomena menggunakan ponsel saya. Saya tidak tahu itu apa, bisa jadi pelangi. Tapi orang-orang sangat takut," tuturnya.

UFO di Ciamis

Warga Ciamis heboh dengan adanya rekaman benda terbang yang disebut-sebut sebagai UFO. Rudiat, warga Ciwahangan, Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Ciamis, mengaku tak sengaja mengabadikan benda terbang itu pada 27 Juli 2018, sekitar pukul 21.00 WIB.

"Awalnya saya mengira itu pesawat terbang, tapi biasanya lampunya berkedip-kedip, kalau yang ini tidak berkedip," tutur Rudiat.

Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin turun tangan. Menurutnya UFO yang berkaitan dengan alien sebetulnya tak ada.

"UFO dalam makna wahana yang digunakan makhluk asing (alien) itu tidak ada. Tidak ada bukti ilmiah alien datang berkunjung ke bumi," katanya. Pendapat Thomas, bisa saja benda terbang tersebut merupakan layang-layang yang diberi lampu oleh orang yang berniat iseng.

Alien ke rumah anak Bung Karno

Cerita ini tidak diketahui kebenarannya, namun sempat dimuat pada Majalah Angkasa edisi Desember 1990 di mana ada saksi mata yang melihat sosok mirip alien. Penampakan ini terjadi di rumah Guruh Sukarnoputra di Jln. Sriwijaya Raya 24, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Sabtu, 23 Mei 1981 pukul 23.00.

Saat ingin beristirahat di kamarnya, Sumadi, penjaga rumah melihat sesosok tubuh berdiri di atas tembok halaman belakang. Makhluk itu tidak terlalu tinggi. Sekitar 120-150 dengan tubuh yang mirip jamur yang bergoyang-goyang.

Makhluk itu mengenakan celana panjang warna putih. Sedangkan bagian atas tubuh, termasuk kepala, tertutup semacam mantel berwarna hitam. Mahluk tersebut kemudian menghilang dengan benda bercahaya yang mengudara dan disaksikan beberapa tetangga.

UFO di Bandung

Rabu (27/6/2012) sekitar pukul 14.30 WIB, Nisrina Azahra yang saat itu berusia 8 tahun naik ke lantai dua atau tempat jemur pakaian di rumahnya. Bocah perempuan itu iseng mengarahkan kamera telepon genggam Nokia tipe C5 ke langit bercuaca cerah dan berawan. Zahra memotret sebanyak dua kali menggunakan kamera handphone.

Pertama, hasil fotonya nampak biasa. Akan tetapi, hasil potretan kedua menunjukkan gambar mirip bola mata bercahaya merah muda. Bentuknya elips dan di tengah-tengahnya ada bulatan putih. Ayah Zahra bahkan mengirimkan foto ini ke bagian astronomi ITB untuk mengkonfirmasi apakah benda itu UFO atau bukan.

Kisah itu pun viral. Pakar Telematika, Roy Suryo, dimintai komentar dan mengatakan bahwa yang muncul adalah uap air kotor sehingga berwarna ketika ditangkap kamera.

"Mengapa bisa dipersepsikan sebagai 'mata' atau UFO, justru lebih kepada masalah resolusi dan low contrast kualitas Lensa dari kamera ponsel tersebut yang tidak dimungkinkan menampilkan obyek sesuai aslinya," jelas Roy saat dihubungi.

Related

Mistery 4522436581093698416

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item