Mengenal Desain Logo, dan Tips agar Hasilnya Baik serta Efisien

Mengenal Desain Logo, dan Tips agar Hasilnya Baik serta Efisien

Logo atau lambang adalah identitas visual yang sering kita temukan, khususnya pada aneka barang produksi. Barang-barang yang kita gunakan atau konsumsi, hampir selalu ada logo yang melekat. Bahkan, melalui logo itu pula, kita bisa membedakan suatu barang dengan barang lain, meski mungkin wujudnya sama. Karena itu, logo memiliki peran penting, khususnya di dunia bisnis atau usaha.

Logo bisa dibilang seperti identitas untuk sesuatu—entah pakaian, makanan/minuman, dan lain-lain—dan melalui logo itulah konsumen akan bisa mengenali mana barang produksi kita dan mana produksi pihak lain. Logo tidak hanya memudahkan konsumen dalam memilih suatu barang, tapi juga memberi identitas pada barang yang kita produksi.

Karena nilai pentingnya tersebut, hampir semua perusahaan pasti memiliki logo untuk barang produksi mereka. Jika kita punya usaha tertentu, penggunaan logo juga sangat penting, sebagai bagian upaya branding dan memperkenalkan diri pada calon konsumen. 

Pertanyaannya, bagaimana membuat logo yang baik dan efisien, sehingga konsumen akan mudah mengingatnya?

Setidaknya ada beberapa kriteria logo yang baik dan efektif, dan berikut ini uraiannya.

Pertama, logo harus bisa dideskripsikan, dalam arti mampu mewakili apa yang ingin disampaikan atau dikomunikasikan oleh pihak perusahaan kepada konsumennya.

Kedua, logo sebaiknya sederhana dan mudah diingat. Bentuk logo yang rumit atau ruwet mungkin tampak hebat, tapi buat apa kalau konsumen malah sulit mengingatnya?

Ketiga, selain mudah diingat, logo harus bersifat timeless, yaitu tidak lekang waktu. Karenanya, saat membuat logo, bayangkan apakah sekian tahun ke depan logo itu masih akan tampak up to date, atau terlihat ketinggalan zaman? 

Keempat, logo harus orisinal, lain dari yang lain, sehingga konsumen akan punya gambaran jelas. Jika logo kita mirip dengan milik perusahaan lain, ingatan konsumen bisa tertukar, padahal kita tentu ingin mereka hanya ingat logo kita.

Kelima, sebaiknya logo juga fleksibel, dalam arti bisa diletakkan di mana pun. Sewaktu-waktu, bisa jadi kita membuat merchandise—semisal mug, gelas, atau semacamnya—dan kita bisa melekatkan logo usaha kita pada merchandise tersebut, tanpa harus mengubah bentuknya.

Lima hal itu penting diingat saat kita akan membuat logo untuk usaha yang kita miliki. Di luar lima hal itu tentu ada hal-hal penting lain terkait pembuatan logo, dan kita bisa improvisasi saat membuatnya.

Terkait pembuatan logo, kita tidak perlu membuatnya sendiri jika memang tidak punya kemampuan tersebut. Karena kini ada jasa desain logo murah yang bisa kita hubungi, untuk membuatkan logo bagi usaha kita. Salah satu tempat untuk mencari jasa tersebut adalah melalui situs freelance, dan mencari jasa desain logo yang tersedia di sana.

Selamat membuat logo, dan selamat memperkenalkan usaha ke calon konsumen Anda.

Related

Tips 7556174035630584067

Recent

item