Sejarah dan Asal Usul Quora, Situs Tanya Jawab Paling Populer di Internet

Sejarah dan Asal Usul Quora, Situs Tanya Jawab Paling Populer di Internet

Naviri Magazine - Quora adalah situs pertukaran pengetahuan yang didirikan pada Juni 2009 dan diluncurkan pada tahap beta privat di bulan Desember 2009. Situs ini mulai dibuka untuk umum pada 21 Juni 2010. 

Quora mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan dan jawabannya pada topik-topik tertentu, dan memperbolehkan pengguna untuk ikut berkolaborasi dengan memberikan suara atau mengusulkan perbaikan jawaban.

Kompetitor Quora yang cukup signifikan adalah situs-situs bookmark sosial seperti Reddit, dan situs-situs jejaring sosial seperti Yahoo! Answers, LinkedIn, Answerbag dan Answers.com.

Quora didirikan oleh Adam D'Angelo (mantan chief technical officer di Facebook) dan Charlie Cheever. D'Angelo keluar dari Facebook pada Januari 2010 untuk membuat Quora dan berkata bahwa dia terinspirasi untuk membuat Quora karena berpikir bahwa "banyak sekali situs questions-and-answers di Internet, tetapi tidak ada yang cukup bagus". 

Basis pengguna Quora tumbuh dengan pesat pada bulan Desember 2010. Pada Maret 2010, Quora menerima modal dari Benchmark Capital sekaligus memberikan nilai start-up ini senilai 86 juta dolar.

Quora bahasa Indonesia

Quora bahasa Indonesia diluncurkan pada 30 Mei 2018. Namun ada banyak jawaban di Quora berbahasa Indonesia yang bertanggalkan sebelum waktu peluncurannya, hal ini karena sebelum diluncurkan secara resmi sudah ada masa percobaan selama dua bulan. 

Waktu itu ada beberapa pengguna Quora bahasa Inggris yang diundang dan setelah beberapa lama mereka boleh mengundang lima orang lainnya. Seorang pengguna yang tidak diundang dan ingin bergabung juga boleh mengirimkan email permohonan.

Berdasarkan perkiraan, setidaknya terdapat 25 ribu pengikut Quora per 2 Maret 2019.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Quora dari platform lainnya:
  • Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan sopan.
  • Tidak ada perdebatan yang mengganggu pengguna Quora lainnya.
  • Jawaban yang diberikan sangat memuaskan karena adanya sistem kredensial sehingga jawaban tersebut dapat lebih dipercaya.
  • Quora mempunyai sistem fair judging, yaitu ada "Dukung naik" dan "Dukung turun" yang sama seperti youtube ada "like" dan "dislike".
  • Tidak ada jawaban yang cocoklogi atau informasi yang hoax.

Kekurangan Quora dari platform lainnya:
  • Quora tidak memiliki fitur untuk memblokir permintaan jawaban yang masuk sehingga terkadang ada jawaban yang tidak sesuai dengan pertanyaannya, namun hal ini jarang terjadi.
  • Quora tidak bisa menggunakan kolom tabel untuk menjawab pertanyaan.
  • Push notification masih masuk walaupun sudah diatur mati pada menu setting pages.

Related

Internet 6641589169790521732

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item