Canggih! Kirim Paket Pakai Drone Semakin Nyata


Naviri Magazine - Amazon, induk Google Alphabet, dan UPS berharap bisa melakukan pengiriman barang dalam jumlah besar menggunakan drone. Mimpi itu sepertinya akan terwujud karena pemerintah Amerika Serikat (AS) telah menghapus beberapa aturan yang menghalanginya. 

Dilansir CNN, Federal Aviation Administration (FAA) telah menyelesaikan aturan baru untuk drone berukuran kecil pada hari Senin waktu setempat. Kebijakan itu dapat membuka jalan untuk penggunaan komersial kendaraan terbang tanpa awak itu lebih luas, termasuk layanan pengiriman.

Untuk pertama kalinya, FAA akan mengizinkan drone komersial kecil untuk penerbangan jarak pendek dan pada malam hari. Drone kecil juga akan diizinkan terbang di atas kendaraan yang bergerak dalam kondisi terbatas.

Dalam perubahan dari rancangan aturan yang diusulkan sebelumnya, operator drone juga harus memiliki sertifikat pilot jarak jauh dan siap untuk diuji jika diminta oleh pihak berwenang.

Aturan ini berlaku untuk operator drone yang menggunakan pesawat tak berawak mereka untuk pekerjaan atau bisnis di bawah peraturan FAA's Part 107. Sebanyak 1,7 juta drone dan lebih dari 203.000 pilot drone telah terdaftar di FAA.

"Kebijakan ini mendekatkan kita ke hari di mana kita akan sering melihat drone terbang untuk mengantar paket," kata Administrator FAA, Steve Dickson.

FAA telah mengajukan perubahan aturan itu ke Federal Register dan diharapkan aturan baru itu bisa terbit pada Januari 2020. Peraturan baru itu akan berlaku 60 hari setelah diundangkan.

Aturan baru tersebut menandai langkah maju yang signifikan oleh pemerintah AS menuju masa depan pengiriman komersial menggunakan drone. Sebuah visi yang telah direncanakan oleh Amazon sejak 2013.

Sejak saat itu, pengembangan regulasi drone FAA telah berkembang pesat. Salah satu pendorongnya adalah kekhawatiran negara-negara lain memanfaatkan keuntungan lebih dulu dari penggunaan drone.

Para pelaku industri mengatakan masih ada banyak tahapan yang harus dilakukan sebelum pengiriman paket menggunakan drone benar-benar dapat terjadi di AS. Misalnya seperti membuka aturan untuk memungkinkan penerbangan drone rutin di luar jangkauan visual operator.

Namun, perubahan tersebut dapat memberikan dorongan bagi perusahaan yang telah mengeksplorasi semua pengiriman barang melalui pesawat tak berawak.

Related

Technology 810780833349877227

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item