Donald Glut, Orang Pertama di Dunia yang Memerankan Spider-Man dalam Film

Donald Glut, Orang Pertama di Dunia yang Memerankan Spider-Man

Naviri Magazine
- Kendati low-budget dan berformat film pendek 12 menit, Donald F. Glut jadi pionir lewat peran dan karyanya dalam film Spider-Man, yang dirilis pada 1969. Ini jadi kali pertama Spider-Man nongol di film live-action setelah Stan Lee dan Steve Ditko meluncurkan karakternya di komik, tujuh tahun sebelumnya. Tentu, film ini digarap tanpa seizin Marvel Comics maupun Stan Lee.

Glut dalam I Was a Teenager Movie Maker: The Book memaparkan, mulanya ia hanya seorang mahasiswa University of Southern California, yang terinspirasi mengangkat karakter komik idolanya ke layar perak. Disebut amatiran karena Glut juga merangkap sebagai produser, sutradara, penulis naskah, pengisi narasi, editor tata suara, dan pemeran Spider-Man. 

Beberapa aktor lain turut dilibatkan dan diupah rendah. Salah satunya, Donna Shane. Dia berperan sebagai putri penjahat Dr. Lightning, yang diplot akan diselamatkan Spider-Man.

Donald Glut, Orang Pertama di Dunia yang Memerankan Spider-Man

“Filmnya dibuat berwarna, dan saya menggunakan banyak trik kamera, termasuk menggunakan miniatur, animasi stop-motion, hingga backward photography. Lokasi syuting dilakukan di Bronson Canyon dan Marlboro House, gedung apartemen tempat saya tinggal. Untuk menggambarkan Spider-Man memanjat gedung, kameranya saya miringkan,” terang Glut.

Film ini mulanya hanya diputar di rumah sahabatnya, Michael Nesmith, di Hollywood Hills, dengan proyektor pinjaman. Penontonnya sekadar keluarga Nesmith dan sejumlah fans, plus teman-teman sekampus. Publik baru menyaksikan karyanya dalam rangkuman dokumenter I Was a Teenage Movie Maker (2006), di antara sejumlah karya-karya film pendek Glut lainnya.

Related

Film 2327105662560789151

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item