Jusuf Kalla: Jika 100 Ribu Orang Divaksin Tiap Hari, Indonesia Butuh 3-4 Tahun untuk Vaksinasi


Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK) berbicara tentang rencana vaksinasi corona di Indonesia yang akan dimulai tahun 2021. JK mengatakan jika 100 ribu orang divaksin setiap harinya, maka Indonesia membutuhkan waktu selama 3 sampai 4 tahun untuk menyelesaikan program vaksinasi. 

JK menuturkan Amerika sudah lebih dahulu memulai proses vaksinasi dan hanya mampu melakukan vaksinasi corona sebanyak 600 ribu orang dalam sepekan. 

"Kita punya penduduk 270 juta, kalau 70 persen perlu divaksin, berarti 200 juta kalau bisa hanya 100 ribu kemampuannya sehari, kaya Amerika maka itu berarti butuh, saya kira 3-4 tahun baru selesai," kata JK dalam acara webinar Dewan Pakar Kahmi. 

"Amerika baru saja memulai vaksin dalam seminggu hanya sanggupnya 600 ribu berarti sehari hanya sanggupnya di Amerika ini 100 ribu vaksin," sambungnya. 

Karena itu, ia berharap pemerintah dapat mempercepat proses vaksinasi dan memperbanyak target pemberian vaksin. Sehingga diharapkan pandemi COVID-19 dapat segera teratasi. 

"Karena itulah itu hanya vaksinasi harus lebih cepat dan lebih banyak tentunya," ucap dia. 

Sebab, kata dia, jika virus corona tak segera ditangani akan menimbulkan krisis ekonomi yang berdampak terhadap stabilitas politik dan sosial. 

"Ini masalah kalau kita bicara masalah strategis inilah masalah strategis yang paling penting dalam sejarah Indonesia ke depan untuk menghadapi mengurangi krisis ekonomi yang bisa menimbulkan masalah politik juga apabila terjadi krisis ekonomi itu," kata dia. 

"Kalau kita vaksinasi minimum 1 juta per hari kalau ingin selesai setahun. Nah, kalau ingin selesai dua tahun ya kalau 500 ribu sehari bisa ya kita butuh 2 tahun penyelesaiannya jadi masih sampai tahun depanlah harus bekerja keras untuk itu," tutup JK.

Related

News 9003971589950943525

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item