Kisah Nenek Tertua di Dunia yang Sebenarnya Sudah Lelah Hidup

Kisah Nenek Tertua di Dunia yang Sebenarnya Sudah Lelah Hidup

Naviri Magazine
- Koku Istambulova, 128 tahun, adalah wanita tua asal Rusia yang tidak mau hidup panjang. 

Menurut pemerintah Rusia, wanita Chechen bernama Koku Istambulova saat ini berusia 128. Apabila benar, itu berarti dia menjadi manusia tertua di dunia (yang gelarnya masih disandang oleh Chiyo Miyako berusia 117). Umurnya masih belum pasti karena surat-surat berharganya hilang pada saat Perang Chechnya II. 

Akan tetapi, berdasarkan paspor yang ia miliki, tanggal lahirnya jatuh pada 1 Juni 1889. Bukannya bangga, Istambulova malah mengaku bahwa ia benci berumur panjang.

“Saya tak pernah bahagia. Saya menghabiskan waktu dengan bekerja dan berkebun. Saya sudah lelah hidup,” kata Istambulova kepada Daily Mail. 

Kisah Nenek Tertua di Dunia yang Sebenarnya Sudah Lelah Hidup

Saat ditanya kiat-kiat bisa hidup panjang, dia menjawab, “Semuanya kehendak Tuhan. Saya tidak melakukan apa-apa supaya hidup lama. Umur panjang bukan karunia, melainkan kutukan dari Tuhan.”

Istambulova sudah hidup sejak abad ke-19 dan melewati masa-masa yang sulit di abad ke-20. Dia selamat dari Perang Dunia I, Revolusi Rusia, Perang Dunia II, dan Joseph Stalin yang mendeportasi paksa seluruh bangsa Chechnya ke Kazakhstan dan Siberia (“Orang-orang Kazakhstan membenci kami,” ujarnya). 

Dia juga masih ingat waktu dipukuli neneknya karena tidak memakai baju tertutup saat masih kecil. Dia juga menjalani keseharian mencangkul dan menanam semangka. Semua anaknya sudah meninggal, termasuk anak perempuan yang hidup sampai dia berusia 104.

“Andai saja saya mati sejak muda,” katanya kepada Daily Mail. “Waktu masih kerja dulu, hari demi hari terlewati begitu saja. Sekarang saya bosan menjalani hidup.”

Omong-omong, hari ulang tahunnya yang ke-129 tinggal beberapa minggu lagi lho!

Related

World's Fact 1366433429934668662

Recent

item