Mengenal Instagram Shadowban, Cara Mengecek, dan Tips Mengatasinya

Mengenal Instagram Shadowban, Cara Mengecek, dan Tips Mengatasinya

Naviri Magazine
- Saat akun Instagram tiba-tiba mengalami penuruan engagement, unggahannya tidak tampil dalam hashtag tertentu, atau jumlah follower menurun, bisa jadi terdampak Instagram Shadowban. Apa itu Instagram Shadowban dan bagaimana cara mengatasinya? 

Instagram Shadowban adalah sebuah tindakan "memblokir" akun sedemikian rupa sehingga pemiliknya tidak menyadari bahwa akunnya sedang diblokir, sebagaimana ditulis Later.com. Pertanyaannya kemudian, mengapa akun Instagram bisa kena Instagram Shadowban? 

Instagram tidak secara terbuka mengakui perihal Instagram Shadowban ini tapi mereka pernah menyinggung soal unggahan pengguna yang tidak muncul pada tagar tertentu. Pernyataan tersebut setidaknya mengonfirmasi soal dilema hashtag yang dikeluhkan pengguna. 

"Kami memahami isu yang dialami pengguna bahwa unggahan dengan tagar tertentu tidak muncul pada permukaan. Kami sedang bekerja memerbaiki sistem dengan sumber daya yang tersedia," pernyataan Instagram pada Februari 2019. 

Perlu diketahui pula bahwa Instagram sering mengubah algoritmanya sehingga bisa jadi perubahan ini menjadi alasan di balik turunnya engagement. Meski begitu praktik Instagram Shadowban bisa jadi sebuah upaya nyata berkaca dari pernyataan Instagram tersebut. 

Mengenal Instagram Shadowban, Cara Mengecek, dan Tips Mengatasinya

Cara Cek Kena Instagram Shadowban Atau Tidak 

Daripada menduga-duga, pengguna disarankan untuk mengecek apakah akun miliknya terdampak Instagram Shadowban atau tidak. Caranya cukup sederhana, sebagaimana dirangkum dari Hubspot.com berikut: 

1. Unggah foto dengan tagar yang jarang digunakan. Jangan pakai tagar umum atau hashtag yang banyak dipakai pada unggahan lain. Jika ini dilakukan akan sulit menemukan unggahan foto itu. 

2. Setelah foto terunggah, minta lima orang yang tidak mengikuti Anda untuk mencari tagar yang tersemat pada unggahan tadi. Jika tidak ada dari mereka yang menemukan unggahan tadi, bisa jadi akun Anda terdampak Instagram Shadowban. 

3. Jika hanya satu atau dua teman Anda dapat melihat unggahan itu, bisa jadi akun Instagram hanya terdampak penurunan engagement. 

Lain itu, Later.com menyarankan cara lain yaitu dengan menggunakan situs web penganalisa pihak ketiga. Meski begitu tidak jelas seberapa akurat tool tersebut yang bekerja dengan memeriksa daftar tagar yang digunakan dalam sebuah unggahan. 

Cara Terhindar dari Ancaman Instagram Shadowban 

Pakar pemasaran Instagram Alex Tooby berbagi tips agar pengguna dapat terhindar dari ancaman Instagram Shadowban. Alex menggarisbawahi pada tagar unggahan, lonjakan aktivitas, dan perangkat lunak. 

Pertama, pengguna disarankan jangan menyematkan tagar yang dinyatakan "berbahaya" atau "rusak" pada unggahan. Alex tidak menjelaskan detail soal ini tapi berkaca dari pengalaman-pengalaman sebelumnya. 

Pada Mei 2016 tagar #kansas banyak dipakai pada unggahan yang melanggar pedoman komunitas Instagram, demikian ditulis Huffpost. Instagram pun memblokir tagar ini atau membatasi keterlihatannya. 

Kedua, pengguna disarankan jangan menggunakan perangkat lunak yang melanggar persyaratan layanan Instagram. Perangkat yang dimaksud, macam bot like otomatis, komentar otomatis, termasuk bot untuk menambah follower. 

Ketiga, pengguna disarankan jangan terlalu agresif di Instagram terkait aktivitas like, komentar, dan follow. Alasan Instagram membatasi aktivitas itu bisa jadi untuk membedakan manusia dengan bot. Jika tiba-tiba mengikuti 50 akun baru lalu setelahnya berhenti mengikuti 25 akun, bisa jadi akun Anda akan dikira bot. 

Lain tiga hal itu, Alex juga menekankan agar pengguna beraktivitas secara sehat di Instagram. Bersikaplah wajar agar tidak merugikan pengguna lain yang bisa berujung pada pelaporan. 

Pelaporan saja sebenarnya tidak cukup lantaran Instagram harus benar-benar menentukan jenis pelanggarannya sehingga mereka bisa segera mengambil tindakan. Dan jika itu terbukti, Instagram bisa saja memblokir sepenuhnya akun bermasalah, atau bisa jadi hanya menerapkan Instagram Shadowban.

Related

Tips 137064510852429053

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item