Persiapan Sudah Habis Rp 400 Miliar, Piala Dunia U-20 Ditunda Sampai 2023


Naviri Magazine - Kabar mengejutkan datang dari persatuan sepakbola dunia (FIFA), Kamis 24 Desember 2020. Piala Dunia U-20 yang semula bakal digelar pada 2021 terpaksa harus ditunda hingga 2023 akibat Pandemi Covid-19 yang merata di seluruh dunia.

Kendati demikian, Menterian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Zainudin Amali mengaku bisa memahami alasan FIFA menunda kompetisi sepak bola akbar sejagat tersebut.

Sebab, kata dia, sampai detik ini pandemi masih belum tuntas betul. Penyebaran COVID-19 juga masih merata di berbagai negara di dunia sehingga masih terlalu sulit untuk menyelenggarakan ajang olahraga besar.

"Pemerintah juga sangat menghormati FIFA karena sebelum keputusan tersebut diambil telah terlebih dahulu mempertimbangkan berbagai aspek dan sangat mengapresiasi kesungguhan pemerintah Indonesia bersama PSSI sebagai LOC yang telah melakukan berbagai langkah persiapan bagi suksesnya penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021," kata Zainudin.

"Untuk itu saya menyampaikan terima kasih kepada PSSI yang telah bekerja sama dengan pemerintah (pusat dan daerah) dalam persiapan selama ini," katanya menegaskan.

Zainudin mengaku bahwa sebetulnya pemerintah sudah berupaya untuk meyakinkan FIFA tentang keseriusan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Keseriusan tersebut ditunjukkan melalui surat yang dikirimkan kepada Presiden FIFA pada awal Desember ini. Dalam surat tersebut juga dijelaskan soal upaya pemerintah dalam menangani masalah pandemi COVID-19.

Dalam surat tersebut juga disebutkan tentang dukungan Presiden Joko Widodo melalui Kepres dan Inpres, serta optimalisasi persiapan timnas dan renovasi sejumlah venue pertandingan.

FIFA pada Kamis (24/12) mengumumkan pembatalan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia dan Piala Dunia U-17 2021 di Peru. Meski begitu, kedua negara tersebut akan tetap menjadi tuan rumah pada edisi 2023.

Demi suksesnya penyelenggaraan Piala Dunia U-20, pemerintah Indonesia sudah melakukan renovasi maupun pembangunan infrastruktur stadion sepanjang 2020, meskipun di tengah ancaman COVID-19. Adapun anggaran renovasi stadion dan lapangan yang diambil dari biaya APBN mencapai lebih dari Rp 400 miliar.

Jumlah tersebut hanya untuk renovasi dua stadion, yakni Stadion Manahan di Solo dan Kapten I Wayan Dipta di Gianyar. Sementara sisanya menjadi tanggung jawab masing-masing pemerintah daerah.

Piala Dunia U-20 sedianya digelar 20 Mei-20 Juni 2021 di Indonesia. Enam venue di enam kota disiapkan, yakni Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

Related

Sports 3161937070169946867

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item