Terlalu Mandiri hingga Trauma, Ini 5 Alasan Kamu Sulit Percaya Orang Lain

Terlalu Mandiri hingga Trauma, Ini 5 Alasan Kamu Sulit Percaya Orang Lain

Naviri Magazine
- Kepercayaan adalah suatu hal yang tak dapat dinilai harganya. Orang bilang kepercayaan itu bagaikan sebuah kaca, ketika kaca itu rusak maka sekalipun diperbaiki tidak akan kembali seperti semula. Begitu pula dengan kepercayaan, sedikit saja dirusak maka akan membuat orang sulit untuk percaya. 

Ternyata ada lima hal yang juga membuat kamu sulit untuk percaya kepada orang lain. Yuk, simak alasannya sebagai berikut!

1. Kamu terlalu mandiri dalam melakukan segala hal

Menjadi mandiri itu baik, mengerjakan segalanya tanpa bergantung pada orang lain adalah sesuatu yang langka. Tak semua orang mampu melakukan hal tersebut. Namun, sisi buruknya adalah kamu akan sulit untuk percaya pada orang lain. 

Terlalu Mandiri hingga Trauma, Ini 5 Alasan Kamu Sulit Percaya Orang Lain

Kamu akan krisis kepercayaan saat orang lain berniat membantumu. Atau kamu akan sulit untuk mendelegasikan pekerjaan yang bisa kamu tangani sendiri pada orang lain.

2. Terlalu sering diuji dengan keadaan yang buruk

Terlalu sering mengalami situasi yang buruk akan menyulitkanmu untuk percaya pada hal yang baik. Kamu hanya takut untuk berharap terlalu tinggi karena pada akhirnya akan kecewa. 

Hingga akhirnya akan berdampak pada ketidakmampuanmu untuk percaya pada orang lain yang akan mengubah situasi dalam hidupmu. Kamu terlalu pasrah menerima kenyataan pahit yang kerap menghampirimu.

3. Trauma karena kekecewaan yang mendalam

Faktanya kekecewaan bisa menjadi satu hal yang menyebabkan kamu sulit menaruh kepercayaan pada orang lain. Kamu mungkin pernah menaruh rasa percaya yang begitu besar pada seseorang dan tak pernah berpikir kepercayaan tersebut akan dirusak.

Namun kenyataannya, kamu kecewa pada orang yang tak pernah kamu sangka akan mengecewakanmu. Hal ini yang menimbulkan trauma berkepanjangan dan sangat menyulitkanmu.

4. Memiliki pola pikir superior

Kamu yang terlahir memiliki banyak kelebihan dan kemampuan akan menyulitkanmu untuk bisa percaya pada kemampuan orang lain. Jika pola pikirmu membentuk kamu menjadi pribadi yang superior maka kamu akan sulit membangun rasa percaya.

Kamu merasa tidak ada yang mampu selain dirimu sendiri dan tidak membutuhkan bantuan orang lain sedikit pun. Kamu terlalu fokus dengan dirimu sendiri hingga tak ada ruang yang memberi kesempatan bagi orang lain.

5. Terlalu overthinking dan merasa insecure

Alasan yang terakhir ini rasanya sudah sangat jelas, bahwa kamu tidak akan mampu untuk membangun kepercayaan saat kamu berpikir terlalu berlebihan. Bahkan belum memulai saja kamu sudah memikirkan hal buruk yang mungkin akan terjadi. 

Parahnya lagi, hal ini tentu akan membuatmu merasa tidak nyaman. Bukannya menyelesaikan masalah, pikiranmu hanya akan memperkeruh suasana.

Nah, itulah lima alasan kenapa kamu sulit banget percaya sama orang lain. Buat kamu yang pernah merasakan, alasan mana yang sesuai denganmu?

Related

Psychology 6432443168469935400

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item