Biografi Felix Bloch, Ilmuwan dan Ahli Fisika Terkenal Amerika


Naviri Magazine - Felix Bloch lahir pada 23 Oktober 1905, dan dia adalah fisikawan Amerika Serikat kelahiran Zürich, Swiss. Ia mendapat pendidikan di Eidgenössische Technische Hochschule, juga di Zürich. 

Semula, ia mempelajari keahlian teknik lalu ke fisika. Lulus pada 1927, ia melanjutkan studi fisika di Universitas Leipzig, memperoleh gelar doktor pada 1928. Ia tetap dalam akademia Jerman, belajar dengan Werner Karl Heisenberg, Wolfgang Pauli, Niels Henrik David Bohr, dan Enrico Fermi.

Pada 1933, ia meninggalkan Jerman, beremigrasi dan bekerja di Universitas Stanford pada 1934. Ia menjadi warga negara AS pada 1939.

Selama PD II, ia bekerja pada energi atom di Laboratorium Nasional Los Alamos, sebelum berhenti menjadi anggota proyek radar di Universitas Harvard. 

Setelah perang, Bloch berkonsentrasi pada induksi nuklir dan resonansi magnetis nuklir, yang merupakan asas pokok MRI. Ia dan Edward Purcell mendapat Penghargaan Nobel dalam Fisika tahun 1952 untuk “pengembangan mereka pada metode baru mengenai ukuran presisi magnetis nuklir.”

Pada 1954–1955, Bloch menjalani suatu tahun yang tak menyenangkan sebagai Dirjen pertama CERN. Pada 1961, ia dijadikan Max Stein sebagai Guru Besar Fisika Universitas Stanford.

Related

Science 5231701922934744066

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item