Fakta Menarik Kue Bulan, Makanan Khas Tionghoa di Festival Musim Gugur


Naviri Magazine - Pada Festival Musim Gugur, masyarakat Tionghoa akan menyajikan makanan khas yang dikenal sebagai kue bulan. Meski bernama kue bulan, kue ini tidak berbentuk seperti bulan sabit, namun berbentuk bulat dan terdapat ukiran di atasnya. Ukiran yang berada di bagian atas kue bulan berasal dari cetakan yang biasanya bertuliskan salam keberuntungan.

Akibat kue bulan terlalu populer, masyarakat sering menyebut Festival Musim Gugur sebagai Festival Kue Bulan. Pada saat menikmati kue bulan bersama keluarga besar, biasanya mereka akan saling bercerita tentang kisah-kisah terkait dengan Pertengahan Musim Gugur. Festival ini menjadi ajang penting untuk berkumpul dengan orang-orang tercinta.

Kue bulan tradisional umumnya dibuat dengan isian pasta kacang merah dan kuning telur asin. Ada tiga rasa kue bulan yang paling populer, yaitu manis, asin, dan pedas. Namun, sekarang sudah banyak variasi rasa kue bulan lainnya yang berada di pasaran, seperti kue bulan rasa durian yang bisa kamu temukan di Indonesia.

Kue bulan merupakan makanan tradisional, sehingga kue ini terkadang kurang diminati oleh kaum muda. Jadi, untuk menarik minat kaum muda, banyak orang membuat kue bulan dengan variasi baru dan cita rasa yang kekinian. Misalnya saja kue bulan es krim atau kue bulan dengan rasa coklat, keju, matcha, kopi, atau buah-buahan.

Kerap kali kue bulan tradisional dijual dengan harga cukup tinggi. Hal itu disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah cetakan khusus untuk kue bulan yang tidak murah. Padahal, harga bahan baku dari kue bulan itu sendiri sangat murah dan mudah ditemukan di mana saja.

Selain itu, kue bulan adalah makanan khas Festival Musim Gugur yang sangat penting, sehingga peminat kue bulan sangat tinggi. Biasanya mereka akan membeli kue bulan untuk diberikan sebagai hadiah kepada keluarga, teman, atau kolega.

Hal ini membuat beberapa pihak memanfaatkannya dengan membuat set kue bulan dengan kemasan mewah yang membuat harganya semakin mahal.

Related

World's Fact 9162085511135225085

Recent

item