Latar Belakang The Joker, Musuh Batman yang Paling Gila dan Berbahaya


Naviri Magazine - Musuh utama dan paling ikonik dalam seri Batman, siapa yang tidak kenal Joker? Karakter Joker adalah bagian dari kisah Batman, dimana ketidakberadaannya membuatnya tidak lengkap.

Tidak banyak yang bisa dijelaskan tentang Joker, karena identitas dan latar belakangnya penuh misteri. 

Cerita originalnya yang paling awal mengisahkan dia sebagai kriminal bernama "Red Hood", yang jatuh ke suatu bahan kimia yang merusak kulitnya, menjadikannya putih pucat, berambut hijau, berbibir merah, dan lumpuh di beberapa bagian wajah, serta membuatnya terus tersenyum, dan menjadikannya The Joker. Tapi cerita originalnya sering berubah-ubah dalam berbagai kisah Batman saat ini.

Karena keadaan mentalnya, Joker tidak bisa merasakan takut, dan melihat segalanya sebagai lelucon. Dia juga imun terhadap racun, bahkan racun Posion Ivy tidak mempan terhadapnya. Joker tidak merasakan sakit, dan bahkan mungkin menyukai rasa sakit (sadomasokis). 

Senjata yang dia pakai juga bertema komedi, seperti gas tertawa, bunga yang menyiram asam, kartu setajam silet, dll. Dia juga dikatakan memiliki kekuatan "Super Sane" atau kewarasan super, yang berarti melihat dunia dengan apa adanya (tidak dipengaruhi oleh keinginan/pendapat pribadi). 

Sikapnya juga bisa berubah secara drastis untuk mengikuti situasi, menjadikannya pembohong yang sangat ulung, karena bahkan dia sendiri percaya kebohongannya.

Dalam otak Joker, tidak ada "benar dan salah", dan hal ini membuat Spectre si arwah peradilan tidak bisa mengadilinya, bahkan dia tersesat di otaknya ketika berusaha mengarahkannya. Joker juga kadang terlihat "menembus tembok ke-4", yang berarti dia menyadari eksistensinya sebagai karakter komik.

Keberadaan Joker bisa dibilang dikarenakan Batman itu sendiri. Dalam sebuah cerita, dia mengira sudah membunuh Batman, membuatnya kehilangan alasan untuk menjadi penjahat. Dia lalu melakukan operasi plastik dan mencoba hidup normal. Namun, ketika tahu ternyata Batman masih hidup, dia kembali ke jalur kriminal.

Joker telah sering tampil di film live action, mulai dari serial TV "Batman" tahun 1960-an, film "Batman" tahun 1989, film "Batman The Dark Knight" tahun 2008, dan di film "Suicide Squad" tahun 2016.

Rumor juga mengatakan bahwa versi remaja Joker telah muncul dalam serial TV "Gotham" sebagai "Jerome", seorang anggota sirkus, dimana dia membunuh ibunya dan tertawa seperti maniak, setelah menceritakan alasan dia membunuh ibunya.

Related

Entertaintment 7678697816405993368

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item