Lebih dari 85.000 Orang Meninggal Karena Covid-19, PM Italia Mengundurkan Diri

Naviri Magazine - Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte menyerahkan berkas pengunduran diri pada Selasa (26/1). Tindakan Conte menyusul kri...


Naviri Magazine - Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte menyerahkan berkas pengunduran diri pada Selasa (26/1). Tindakan Conte menyusul kritik banyak kalangan atas penanganannya terhadap pandemi virus corona baru atau Covid-19.

Lebih dari 85.000 orang Italia telah meninggal dengan Covid-19.

Conte berharap diberi mandat oleh presiden untuk membentuk pemerintahan yang lebih kuat setelah kehilangan mayoritas di Senat.

Jika gagal melakukannya, tugas itu bisa jatuh ke tangan orang lain dan selanjutnya pemilihan baru akan diadakan.

Satu pernyataan dari kantor kabinet mengatakan ada pertemuan diadakan pada pukul 09.00 saat Conte “akan memberitahu para menteri tentang niatnya untuk mundur. Dia kemudian menemui Presiden Sergio Mattarella”.

Conte, yang telah menjadi perdana menteri sejak 2018, selamat dari mosi percaya di majelis rendah, Kamar Deputi, minggu lalu.

Pemungutan suara dilakukan setelah mantan PM Matteo Renzi menarik partai kecilnya di Italia Viva dari koalisi. Renzi mengatakan hanya akan kembali jika Conte menerima daftar tuntutan.

Renzi keberatan dengan rencana Conte untuk menghabiskan anggaran dana pemulihan UE senilai 209 miliar euro (US$ 254 miliar atau Rp 3.561 triliun) – bagian dari penyelamatan UE 750 miliar euro (Rp 12.768 triliun ) untuk krisis Covid.

Sesaat sebelum pengunduran diri Conte, Gerakan Bintang Lima (M5S) yang anti-kemapanan menyatakan akan “tetap berada di pihak Conte”.

Pengunduran dirinya terjadi menjelang pemungutan suara tentang reformasi peradilan akhir pekan ini yang diperingatkan oleh anggota parlemen dalam koalisinya bahwa dia akan kalah.

Related

News 9116668774319054425

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item