Liburan Usai, Ini Daftar Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa


Naviri Magazine - Selesai liburan tahun baru, bukan berarti mobil begitu saja langsung dipakai untuk beraktivitas normal.

Dealer terbesar Toyota, Auto2000, mengungkapkan bahwa selama dipakai liburan, mobil menempuh perjalanan panjang. Tentu harus ada penyetelan ulang dan perbaikan.

“Selamat Tahun Baru 2021, salam sejahtera untuk kita semua. Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 siap membantu,” kata Cahaya Fitri Tantriani, CSD & Marketing Communication Dept. Head Auto2000.

Auto2000 memberikan tips atau langkah-langkah berikut ini untuk memastikan mobil siap dipakai untuk aktivitas normal setelah liburan akhir tahun 2020.

1. Cek ban mobil

Ban satu-satunya komponen mobil yang berhubungan langsung dengan jalan. Ban mobil yang menerima beban dan berbagai kondisi jalan ketika berlibur.

Wajib periksa tekanan angin ban mobil sesuai rekomendasi pabrikan. Perhatikan pula kondisi telapak, dinding ban, serta bibir velg mobil. Jangan lupa pula memeriksa ban cadangan.

Jika ada yang mencurigakan segera bawa mobil ke bengkel.

2. Periksa oli mesin

Mesin mobil beroperasi dalam kondisi yang berat karena membawa banyak muatan dalam perjalanan panjang liburan. Karena itu dibutuhkan pelumas yang sanggup melindungi mesin dari gesekan antarkomponen agar mesin dapat bekerja secara optimal.

Pastikan volume oli mesin sesuai takaran. Perhatikan juga warna oli mesin. Jangan sampai oli mesin mobil berubah menjadi keruh, hitam pekat, atau seperti tercampur air. Segera bawa mobil ke bengkel untuk pengecekan setelah liburan.

3. Waspada kolong mobil

Perhatikan shock absorber (shock breaker) dari kebocoran, termasuk karet-karet penyangga. Waspada kebocoran dengan melihat kondisi selang rem

Untuk rem cakram bisa melihat langsung kondisi kampas rem. Sedangkan untuk rem teromol, waspadai kebocoran dengan memperhatikan dinding teromol rem.

Mobil yang masih menggunakan power steering hidrolis dapat mengecek potensi kebocoran. Periksa juga bagian lain di kolong mobil untuk memastikan tidak ada potensi masalah setelah liburan.

4. Mesin

Permukaan mesin bisa dibersihkan dengan kain lap basah. Jika permukaan mesin bersih, bisa terlihat jika terjadi kebocoran atau kerusakan.

Posisikan kunci kontak tetap "ON" dan lihat indikator di panel instrumen apakah ada masalah. Jika tidak ada, langsung nyalakan mesin.

Dengarkan bila ada suara aneh terdeteksi. Jika sampai ada masalah, bawa mobil ke bengkel.

5. Cairan di ruang mesin mobil

Cek air radiator dan tabung penyimpan cadangan air radiator. Perhatikan ketinggian tabung penyimpan minyak rem dan pembersih kaca depan.

Periksa juga volume tabung fluida kopling untuk mobil transmisi manual. Cek ketinggian air aki serta bersihkan permukaan terminal aki dan tutup pengisi jika terjadi pengapuran.

Lanjut cek volume minyak power steering hidrolis dan pastikan freon AC dalam kondisi penuh.

6. Bersihkan kabin dan bagasi mobil

Sebelum mengecek hal-hal di atas setelah liburan, pengguna bisa memulai dengan mencuci mobil.

Pastikan seluruh bagian mobil dicuci bersih, hingga ruang mesin dan kolong mobil. Kabin dan bagasi harus memperoleh perhatian lebih mengingat dipakai sebagai tempat duduk penumpang dan menyimpan barang.

Pastikan tidak ada kotoran tersisa untuk menjaga keresikan kabin. Semprotkan disinfektan untuk membunuh bakteri, virus, dan kuman.

Related

Automotive 7792022644894460520

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item