Memasuki 2021, Ini 5 Langkah untuk Memulai Hidup Lebih Sehat dan Bahagia


Naviri Magazine - Pandemi Covid-19 yang terjadi di sepanjang 2020 telah mengajarkan banyak hal mengenai pentingnya menjaga kesehatan diri. Mengingat pandemi masih terjadi, siapa pun tentu ingin memasuki 2021 dengan kondisi kesehatan yang optimal.

CEO Comprehensive Women's Health Angela Wright Marshall MD FACP membagikan lima trik untuk mengoptimalkan kesehatan di 2021. Berikut ini adalah kelima trik tersebut, seperti dilansir Livestrong.

Ketahui Riwayat Penyakit di Keluarga

Penting untuk mengetahui penyakit apa saja yang pernah dialami oleh anggota keluarga. Alasannya, riwayat keluarga dapat menjadi jendela untuk melihat risiko yang dimiliki oleh diri sendiri terhadap suatu penyakit.

Minimalkan Pemicu Stres

Stres dapat meningkatkan kadar hormon epinerfin dan kortisol. Peningkatan kedua hormon ini juga bisa menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah.

Peningkatan tekanan darah yang tak terkontrol dan terjadi secara kronis atau jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan lain. Beberapa di antaranya adalah stroke, serangan jantung, gagal jantung, serta penyakit ginjal.

Salah satu cara untuk mengurangi stres adalah dengan cara meminimalkan pemicunya. Coba untuk gali lebih dalam ke diri sendiri untuk mengetahui apa yang sebenarnya menjadi pemicu stres.

Meluangkan waktu untuk merawat dan mencintai diri sendiri atau me time juga tak kalah penting. Momen seperti ini dapat membantu menenangkan diri dan membentuk suasana hati yang baik.

Latihan Kekuatan

Salah satu anjuran menjaga kesehatan adalah melakukan olahraga kardio dengan intensitas sedang sebanyak 150 menit per minggu. Beberapa contoh olahraga yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki dan bersepeda.

Di samping itu, latihan kekuatan seperti angkat beban juga penting dalam menunjang kesehatan. Latihan kekuatan tak hanya memperkuat tulang, membangun kekuatan inti tubuh, dan melatih keseimbangan.

Kurangi Ketergantungan pada Pesan-Antar Makanan

Layanan pesan-antar makanan di masa pandemi memang menawarkan kemudahan untuk mendapatkan makanan dengan kontak fisik yang minimal. Namun jika memungkinkan, coba juga untuk mulai memasak sendiri di rumah.

Menurut studi Public Health Nutrition pada 2015, memasak makanan sendiri berkaitan dengan pola makan yang lebih sehat secara keseluruhan. Studi lain dalam jurnal yang sama di 2014 juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang terbiasa membeli makanan di luar cenderung mengonsumsi 200 kalori lebih banyak.

Tentu layanan pesan-antar makanan tak perlu benar-benar ditinggalkan sepenuhnya. Coba ulas kembali seberapa sering layanan pesan-antar makanan ini digunakan, makanan apa yang sering dipesan, dan bagaimana kebiasaan ini bisa dikurangi.

Cari Teman

Menjalani gaya hidup sehat akan terasa lebih menyenangkan bila dilakukan bersama-sama. Bila memiliki target memperbanyak olahraga, coba cari teman atau anggota keluarga yang bisa diajak olahraga bersama. Dapat pula mengikuti sosok panutan atau mentor kesehatan yang bisa memberikan inspirasi.

Related

Tips 1100016822166381384

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item