Mengapa Lemak Menumpuk di Perut hingga Membuncit?


Naviri Magazine - Saat mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibakar oleh tubuh, kelebihan kalori itu kemudian disimpan sebagai lemak, yang mana lemak itu disimpan sebagian besar ditentukan oleh usia, jenis kelamin, dan hormon. 

Dilansir WebMD, anak laki-laki dan perempuan mulai dengan pola penyimpanan lemak yang serupa, tetapi masa puber mengubah itu. Wanita memiliki lebih banyak lemak subkutan (jenis di bawah kulit) daripada pria, sehingga kalori ekstra lemak itu cenderung disimpan di lengan, paha, dan bokong mereka, serta perut mereka. 

Karena pria memiliki lemak subkutan yang lebih sedikit, mereka menyimpan lebih banyak di perut mereka. Perut buncit cenderung lebih menonjol pada orang tua karena seiring bertambahnya usia, kebutuhan kalori turun, kita sering menjadi kurang aktif, dan bertambahnya berat badan menjadi penyebab lebih mudah datangnya perut buncit. 

Ketika kadar hormon menurun pada pria dan wanita seiring bertambahnya usia, mereka cenderung menyimpan lemak di tengah. Wanita menopause akan menyimpan lemak mereka di pinggul dan kaki. Penelitian menunjukkan bahwa perokok dan peminum alkohol juga dapat menyimpan lebih banyak lemak di perut mereka. 

Related

Health 7932522563335987070

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item