Mengenal 4 Macam Investasi Reksadana, dari Pasar Uang sampai Saham


Naviri Magazine - Secara umum reksadana, terbagi menjadi empat jenis, yaitu reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Berikut uraiannya.

1. Reksadana Pasar Uang (Money Market Fund)

Reksadana pasar uang adalah berinvestasi penuh pada instrumen pasar uang, seperti deposito berjangka (time deposit), sertifikat deposito (certificate of deposit), sertifikat bank Indonesia (SBI), surat berharga pasar uang (SBPU) dan obligasi, dengan masa jatuh tempo di bawah 1 tahun untuk menjaga likuiditas serta pemeliharaan modal.

Investasi reksadana pasar uang ini memang disarankan bagi investor pemula, karena risikonya terbilang paling rendah dibanding reksadana lain.

Selain itu, reksadana pasar uang merupakan salah satu instrumen investasi yang tetap stabil serta cocok untuk berinvestasi dalam waktu singkat dan menguntungkan.

2. Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

Fixed income fund merupakan reksadana yang menginvestasikan minimal 80 persen asetnya ke dalam bentuk obligasi atau efek utang.

Investasi reksadana pendapatan uang bertujuan untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil. Namun, risikonya lebih besar dari reksadana pasar uang.

Reksadana pendapatan tetap disarankan bagi investor konservatif yang memiliki tujuan keuangan jangka menengah 3-4 tahun, karena nilainya tidak berfluktuasi.

3. Reksadana Campuran (Balance Mutual Fund)

Berikutnya reksadana campuran dengan sistem mengalokasikan dana investasi ke dalam portofolio yang bervariasi yaitu saham, obligasi atau campuran keduanya.

Reksadana campuran ini memiliki tingkat toleransi risiko menengah, karena potensi tingkat pengembalian relatif tinggi dibanding reksadana pendapatan tetap.

Pembelian reksadana campuran bisa didapat melalui perusahaan aset manajemen, perbankan atau online seperti fintech.

4. Reksadana Saham (Equity Fund)

Reksadana saham yaitu menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 persen harta kekayaan (aktiva) dalam bentuk efek atau ekuitas. Portofolio reksadana ini adalah saham. Manajer investasi akan mengelola portofolio dengan menjual dan membeli saham.

Keuntungan dan kerugian equity fund ditentukan dari naik turun harga saham itu sendiri, sehingga risikonya lebih besar tapi memiliki return yang lebih tinggi.

Related

Money 8581929882882841013

Recent

item