Mengenal Investasi Reksadana: Keuntungan dan Risikonya


Naviri Magazine - Mutual fund atau reksadana adalah wadah untuk berinvestasi khususnya bagi pemodal kecil yang tidak memiliki waktu atau keahlian terbatas dalam mengelola investasi.

Manfaat Reksadana

Manfaat berinvestasi di reksadana adalah efisiensi waktu. Modal yang ditanam oleh investor sudah jelas dikelola oleh manajer investasi profesional.

Selain itu, reksadana memiliki likuiditas tinggi. Investasi tersebut dapat dicairkan maupun dijual kapan saja dengan harga yang berlaku pada saat ingin dijual atau dicairkan.

Investasi reksadana juga dapat dibeli dengan harga minim, bahkan saat ini sudah banyak produk reksadana yang bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki.

Risiko Reksadana

Disamping manfaat, reksadana juga memiliki peluang risiko yang dipengaruhi oleh turunnya harga efek yaitu saham, obligasi, dan lainnya, yang masuk dalam portofolio reksadana.

Risiko likuiditas saat pemegang unit melakukan penjualan kembali (redemption),membuat manajer investasi harus menyediakan uang tunainya sehingga cukup rumit.

Risiko terburuknya adalah wanprestasi atau bangkrutnya saham dan obligasi yang menjadi portofolio reksadana, hingga menyebabkan penurunan nilai aktiva bersih (NAB).

Related

Money 1649296295852412294

Recent

item