Meski Seharian Tak Kemana-mana, Kamu Tetap Perlu Mandi: Ini Penyebabnya


Naviri Magazine - Sebagian besar orang masih bekerja maupun belajar dari rumah karena pandemi Covid-19 masih belum mereda. Meski seharian di rumah, bukan berarti kamu bisa nggak mandi lho!

Kepala unit dan konsultan dermatologi di Sri Balaji Action Medical Institute India, Dr Yashodhara Sharma mengatakan bahwa berdiam diri di rumah bukan berarti terbebas dari kuman dan bakteri. 

"Mandi setiap hari sangat penting untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dan mikroorganisme lainnya. Orang yang sakit tentu tidak dianjurkan untuk mandi setiap hari, tetapi mereka juga diimbau untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungannya dengan cara lain," ujar Sharma seperti dikutip dari The Indian Express.

Tak hanya menghilangkan kotoran dan kulit mati, ada segudang manfaat mandi yang perlu kamu tahu. Misalnya meremajakan kulit, membantu sirkulasi darah, melawan stres, dan menghilangkan ketegangan otot.

"Singkatnya, secara umum mandi itu menyehatkan dan mempercepat kesembuhan dari penyakit tertentu," kata Dr Sharma.

Agar kulitmu tetap terjaga kelembapan dan kesehatannya, ada juga hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika mandi. Coba simak uraian berikut ya!

1. Gosok kulit dengan lembut

Ketika memakai sabun, penting juga untuk menggosok kulit dengan lembut. Jika kulitmu sensitif, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memilih sabun mana yang cocok di kulit.

2. Keramas minimal 3 hari sekali 

Meski di rumah aja, jangan malas keramas ya! Minimal tiga hari sekali kamu keramas dengan shampo dan kondisioner.

3. Gunakan air yang mengalir

Mandi menggunakan air dingin atau hangat boleh aja, tapi usahakan mandi di air yang mengalir agar kuman dan bakteri terbawa pergi.

4. Jika kulitmu sensitif, jangan mandi lama-lama

Daripada mandi lama, kamu yang punya kulit sensitif lebih disarankan untuk mandi cepat dan segera memakai pelembab. Cara ini juga berlaku untuk kamu yang rentan terhadap infeksi jamur ya!


Related

Tips 7835347273423375199

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item