Sejarah dan Asal Usul Peringatan Hari Guru Nasional di Indonesia


Naviri Magazine - Setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Di tahun ini adalah peringatan Hari Guru Nasional Ke-75.

Di Indonesia, guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Lalu bagaimanakah sejarah Hari Guru Nasional?

Tepat 100 hari setelah kemerdekaan Indonesia, Hari Guru Nasional ikut mewarnai perjuangan kemerdekaan melalui pendidikan. Hari Guru Nasional diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Dulunya organisasi PGRI berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang sudah berdiri sejak tahun 1912. PGHB menjadi jalan berkembangnya organisasi guru di Indonesia.

Pada tahun 1932, PGHB berubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Kemudian pada tanggal 24-25 November 1945 para guru menyelenggarakan Kongres Guru Indonesia di Surakarta.

Dalam kongres itu disebutkan bahwa segala kelompok guru yang didasarkan perbedaan lingkungan pekerjaan, agama, daerah, politik, suku dan tamatan dihapuskan.

Hari Guru Nasional kemudian ditetapkan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994, dengan sebuah Keputusan Presiden, yaitu Kepres Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Related

Indonesia 5767284643333071047

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item