Tak Perlu Ngopi, Ini 4 Cara Hilangkan Ngantuk karena Kurang Tidur


Naviri Magazine - Tak ada yang lebih buruk daripada menghabiskan malam tanpa tidur nyenyak. Hal terburuk berikutnya, kamu menjalani aktivitas keesokan harinya dengan mata terkantuk-kantuk.

Kamu bisa untuk tetap melek dengan segelas kopi, namun efeknya hanya membuatmu tersentak sementara. Beberapa jam kemudian rasa ngantuk kembali menghampirimu.

Perlu diketahui, kafein yang terdapat pada kandungan kopi mempengaruhi setiap orang secara berbeda. Tapi beberapa orang punya efek samping negatif, yang tentunya enggak sebanding.

"Kafein adalah stimulan dan pemicu stres pada tubuh. Banyak orang minum kopi untuk memacu adrenalin dan kortisol yang diberikannya," ucap Brigid Titgemeier, ahli diet terdaftar kedokteran fungsional seperti dilansir Cnet.

"Kafein dapat membuatmu merasa lebih terstimulasi dan termotivasi, tetapi juga datang dengan perasaan terikat dan lelah. Bagi banyak orang, kafein yang tinggi ini diikuti oleh penurunan energi atau penurunan energi sepanjang hari," sambung Titgemeier.

Jika kamu ingin melewati kebiasaan minum kopi dan siap mencoba beberapa cara lain, berikut ada empat trik mata tetap melek, seperti yang disarankan Titgemeier berikut ini:
 
1. Minum air

Kamu pasti pernah mendengar tentang pentingnya minum cukup air. Salah satu efek negatif dehidrasi yang berpotensi adalah kelelahan. Jadi jika kamu sudah lelah, hidrasi adalah teman terbaik. Di malam hari, kamu juga kehilangan cairan saat tidur, yang dapat menyebabkan dehidrasi saat bangun.

"Dehidrasi adalah penyebab paling umum dari kelelahan dan gangguan kognitif. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika kamu membatasi cairan, gejala yang paling umum adalah kelelahan, peningkatan rasa kantuk, kebingungan, dan penurunan kewaspadaan. Jadi mulailah pagimu dengan segelas besar air untuk membantu mendukung energi dan kognisi," kata Titgemeier.
 
2. Sarapan sehat

Saat kamu lelah atau pusing, hal terakhir yang ingin kamu lakukan adalah enggak sempat menyiapkan sarapan yang sehat. Tapi makanan yang paling enak, belum tentu bermanfaat bagi kesehatanmu.

Salah satu cara untuk membantu melawan rasa grogi dan kelelahan adalah memastikan kamu mengisi bahan bakar dengan benar. Titgemeier merekomendasikan untuk berfokus pada pilihan padat nutrisi seperti telur dan smoothie. Keduanya cukup sederhana untuk disiapkan, tetapi akan mendukung tubuhmu lebih baik daripada makanan cepat saji berminyak.

"Putih telur mengandung protein dan air, dan kuning telur adalah tempat kamu mendapatkan semua nutrisi lain seperti CoQ10, vitamin E dan vitamin B lainnya. CoQ10 adalah antioksidan yang penting untuk produksi energi, seperti halnya vitamin B," Kata Titgemeier.
 
3. Olahraga

Meskipun bukan ide yang baik untuk berolahraga saat kekurangan tidur, bukan berarti kamu malas bergerak. Faktanya, melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki dan peregangan dapat membantumu merasa lebih terjaga dan segar, tanpa membebani tubuh.

Bersantailah sejenak, mendorong tubuhmu melalui latihan yang berat saat kamu belum merasakan tidur nyenyak. Cara itu adalah resep untuk kelelahan dan perasaan lebih buruk.
 
4. Tidur siang singkat

Ketika tubuhmu berteriak meminta untuk lebih banyak tidur, jangan mencoba untuk melawannya. Tidur siang singkat dapat membantumu merasa lebih segar dan berenergi jika dilakukan dengan benar.

Atur tidur siang dan tidak bangun dengan perasaan rewel dan lebih lelah, paling tidak sekitar 20 menit, dan pastikan untuk melakukannya lebih awal di hari itu, atau setidaknya tidak mendekati waktumu seperti biasanya kamu tidur.

Related

Tips 2593661950101477362

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item