Ajaib! Berdasarkan Penelitian, Pohon Ara ternyata Bisa Membalas Dendam


Naviri Magazine - Di antara kemampuan-kemampuan unik lain yang dimiliki tumbuhan, mungkin kemampuan pohon ara yang paling menakjubkan. Tumbuhan itu bisa membalas dendam!

Seperti kita tahu, tanaman dan serangga memiliki hubungan yang sangat penting. Tanaman memberikan nektar, dan—sebagai imbalannya—serangga menyerbuki tanaman. Apa yang akan terjadi jika serangga tidak mematuhi sistem kerjasama tersebut, misalnya dengan tidak menyerbuki tanaman yang telah memberikan nektar? 

Jika pelanggaran kerjasama itu terjadi pada pohon ara, konsekuensinya sangat berbahaya.

Pohon ara bermitra dengan salah satu spesies lebah, yang disebut lebah ara. Lebah tersebut membutuhkan pohon ara untuk kebutuhan pangan, dan bertelur di buah. Sebagai gantinya, lebah ara diharapkan melakukan penyerbukan, sehingga pohon dapat terus bereproduksi. Pohon ara tidak bisa bereproduksi tanpa lebah, dan lebah tidak bisa hidup tanpa pohon ara. 

Apa yang akan terjadi jika lebah ara melanggar kerjasama kemitraan mereka? Misalnya, lebah ara hanya mau makan nektar dari pohon dan meletakkan telur-telurnya di buah, namun tidak mau melakukan penyerbukan? Jika itu terjadi, pohon ara akan membalas dendam dengan membunuh keluarganya.

Kenyataan itu benar-benar mencengangkan para peneliti yang melakukan studi terhadap kemitraan mereka. 

Ketika seekor lebah telah selesai makan dari pohon ara dan kemudian pergi begitu saja tanpa melakukan kewajibannya—melakukan penyerbukan—pohon itu akan menggugurkan sebagian besar buah ara yang belum masak, sehingga membunuh anak-anak lebah yang belum sempat menetas, dan telur-telur itu pun terlepas dari buah sehingga tidak akan menetas alias mati.

Entah bagaimana caranya, pohon ara bisa mengetahui lebah tidak melakukan kesepakatan mereka, bahkan pohon itu tahu lebah mana yang melakukannya. 

Ketika ia membalas dendam, hanya buah-buah yang ditempati telur lebah itu saja yang berguguran, sementara buah-buah lain yang ditempati telur lebah-lebah lain tetap berada di tempatnya dengan aman. Kemampuan menakjubkan itu masih menjadi misteri hingga saat ini. 

Related

Science 5301522006513822688

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item