Apa Itu Cinta, dan Mengapa Perasaan Cinta Perlu Diungkapkan?


Naviri Magazine - Cinta merupakan suatu perasaan yang dapat dimiliki serta dirasakan oleh siapa saja. Cinta dapat membuat seseorang merasa bahagia namun juga kecewa.

Cinta merupakan sekumpulan emosi serta perilaku yang ditandai dengan adanya keintiman, gairah serta komitmen. Cinta akan melibatkan perhatian, kedekatan, perlindungan, daya tarik, kasih sayang dan kepercayaan.

Perasaan cinta dapat muncul karena adanya dorongan biologis serta pengaruh budaya. Dorongan biologis membuat seseorang dapat mengalami serta mengekspresikannya.

Sementara budaya, karena konsep tentang cinta dapat berbeda-beda, akhirnya membuat makna cinta tergantung bagaimana cara memikirkan, mengalami, dan menampilkannya.

Dicintai merupakan suatu hal yang ingin dirasakan oleh semua orang. Hal ini dikarenakan cinta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik serta mental.

Orang yang merasa dirinya dicintai akan mendapatkan keuntungan mental, emosional serta sosial. Mereka akan merasa percaya diri serta memperkuat perasaan cinta Anda dan pasangan.

Tidak hanya dicintai, mencintai juga merupakan suatu hal yang penting. Hal ini dikarenakan saat kita mencintai seseorang, maka akan memungkinkan adanya keterbukaan diri terhadap orang lain serta dapat mengetahui kemampuan Anda saat mencintai seseorang dengan tulus.

Dilansir dari Very Well Mind, cinta memiliki jenis yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis-jenis cinta.

Persahabatan

Merupakan jenis cinta yang terjadi karena adanya perasaan suka terhadap orang lain dan menginginkan adanya suatu kedekatan.

Tergila-gila

Merupakan jenis cinta yang melibatkan ketertarikan yang intens tanpa adanya komitmen. Perasaan ini sering muncul di awal hubungan dan bisa saja menciptakan perasaan yang lebih dalam.

Cinta yang penuh gairah

Jenis cinta yang ditandai dengan adanya perasaan rindu serta ketertarikan yang kuat. Cinta jenis ini sering kali melibatkan idealisasi dari orang lain serta keinginan untuk selalu bersama-sama.

Cinta welas asih

Merupakan jenis cinta yang ditandai dengan adanya kepercayaan, kasih sayang, keintiman serta komitmen.

Cinta bertepuk sebelah tangan

Bentuk cinta yang terjadi saat seseorang mencintai orang lain, namun orang yang dicintai tidak mencintainya kembali.

Manfaat cinta bagi kesehatan juga tidak perlu diragukan lagi. Berikut adalah manfaat dari perasaan cinta:

Menurunkan risiko penyakit jantung;
Menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung;
Menumbuhkan kebiasaan hidup yang sehat;
Membuat panjang umur;
Menurunkan tingkat stres dan depresi;
Menurunkan risiko diabetes.

Meskipun perasaan cinta akan membuat seseorang merasa bahagia dan membuat kesehatan semakin baik, namun cinta juga dapat memberikan dampak buruk.

Hal ini dikarenakan tidak selalu cinta akan berjalan dengan mulus dan sesuai keinginan, yang akhirnya dapat memicu munculnya patah hati. Berikut adalah dampak buruk yang bisa muncul karena patah hati:

Perasaan gelisah;
Depresi;
Meningkatkan stres;
Sikap cemburu yang berlebihan;
Memiliki obsesi terhadap suatu hal;
Munculnya rasa memiliki terhadap pasangan;
Kesedihan.

Karena cinta merupakan salah satu hal yang muncul karena budaya, akhirnya membuat pemaknaan tentang cinta dan cara pengungkapannya juga berbeda. Berikut adalah cara untuk mengekspresikan cinta, yang dilansir dari Flo Health.

Bersikap tulus;
Konsisten;
Tunjukkan keberadaanmu di dekatnya;
Berilah kejutan untuk orang yang Anda sayangi;
Bersikap romantis.

Related

Relationship 8920509547426876104

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item