Benarkah Semakin Tinggi Pendidikan Wanita, Semakin Rendah Kemungkinannya Menikah?


Naviri Magazine - Bagi kebanyakan orang, punya pasangan yang setia dan hubungan keluarga yang baik itu sangat penting. Tak terhitung banyaknya novel, cerita dongeng, dan juga film, yang telah mengangkat cerita romantis sehingga membuat kita jatuh cinta dengan kisah asmara.

Namun, para sosiolog merupakan golongan yang kurang romantis. Dalam hal jatuh cinta, bukan cuma takdir atau kebetulan indah yang menyatukan pasangan, faktor-faktor sosial juga penting.

Bagaimana mungkin? Penelitian menggambarkan bagaimana sikap kita terhadap sang kekasih dipengaruhi norma sosial.

Meskipun beberapa dari kita masih terlalu muda untuk mengingat hal ini, namun sekitar tiga dekade yang lalu, prospek perempuan berpendidikan tinggi untuk dapat menikah menjadi tajuk utama dan bahkan menjadi bahasan utama majalah Newsweek pada 1986.

Banyak perempuan cemas karena pesan-pesan media tersebut. Seperti yang diceritakan dalam film komedi romantis berjudul “Sleepless in Seattle”, yang salah seorang tokohnya bilang, “Lebih memungkinkan untuk dibunuh oleh teroris dibandingkan menemukan seorang suami setelah umur 40 tahun.”

Kesimpulan umum saat itu adalah bahwa perempuan berusia di atas 40 tahun, yang telah mencapai tingkat profesi (dan pendidikan) yang tinggi, memiliki kemungkinan yang lebih rendah untuk menikah.

Apa benar? Apakah perempuan yang menghabiskan bertahun-tahun bersekolah untuk mendapatkan pendidikan yang baik, mengorbankan kesempatan mereka untuk menikah?

Sebenarnya, tidak. Penelitian secara konsiten menemukan bahwa perempuan Amerika yang bergelar, setidaknya sarjana S1, punya kemungkinan lebih besar untuk menikah dan mempertahankan pernikahan mereka, dibandingkan perempuan dengan tingkat pendidikan lebih rendah.

Bahkan, hanya beberapa tahun setelah cerita Newsweek tersebut, sosiolog keluarga, Andrew Cherlin, membantah pesan-pesan yang keliru mengenai prospek menikah perempuan karir.

Related

Relationship 3330506081183902083

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item