Bila Sariawan Tak Kunjung Sembuh, Waspadai Kanker Mulut


Naviri Magazine - Sariawan mudah timbul di rongga mulut bagian mana saja, apalagi bila tergigit atau tersodok sikat gigi. Rasanya pasti sakit, membuat kita sulit makan dan berbicara.

Sariawan, atau dalam bahasa kedokteran disebut stomatitis, merupakan radang yang terjadi pada mukosa atau bagian dalam mulut. Sariawan yang biasa akan sembuh dalam jangka waktu yang tidak lama.

Bagaimana jika sariawan tak kunjung sembuh dalam waktu lama? Hati-hati, bisa jadi itu tanda adanya kanker rongga mulut.

Dokter gigi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Dr drg Yuniardini Septorini Wimardhani, MscDent, menjelaskan perbedaan sariawan biasa dan sariawan yang merupakan tanda kanker rongga mulut.

"Kalau sariawan yang tidak terkait dengan kanker rongga mulut warnanya putih kekuningan, bentuknya kecil, berpindah lokasi, misalnya di pipi, dekat bibir, bisa di bawah lidah, dan sembuh dalam waktu 1-2 minggu, atau tanpa pengobatan bisa hilang," jelasnya.

Sedangkan, drg Yuniardini menegaskan bahwa sariawan yang merupakan tanda kanker rongga mulut adalah sariawan yang pada awalnya tidak terasa sakit.

"Perlu diwaspadai, kalau dia (sariawan) menetap dari awal lokasinya tidak pindah-pindah, tidak sembuh-sembuh dalam 3 minggu. Awalnya nggak sakit, lama-kelamaan bertambah besar, sakit, dan dapat mengganggu fungsi pengunyahan atau bicara," imbuhnya.

Jika menemukan sariawan seperti ini, drg Yuniardini menganjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan. Meskipun tidak semua sariawan dengan tanda seperti itu merupakan gejala kanker rongga mulut.

Tapi apa salahnya untuk mendeteksi lebih dini sebelum terlambat?

Related

Health 3890949719263226960

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item