Biografi Lengkap Henry Ford, Sang Pencipta Mobil (Bagian 1)

Henry Ford (30 Juli 1863–7 April 1947) adalah pendiri Amerika dari Ford Motor Company, dan ayah dari lini perakitan modern yang digunakan da...


Henry Ford (30 Juli 1863–7 April 1947) adalah pendiri Amerika dari Ford Motor Company, dan ayah dari lini perakitan modern yang digunakan dalam produksi massal. Mobil model T ciptaannya merevolusi transportasi dan industri Amerika. Dia adalah penemu produktif, dan dianugerahi 161 paten AS. 

Sebagai pemilik Ford Motor Company, ia menjadi salah satu orang terkaya dan paling terkenal di dunia. Dia dikreditkan dengan "Fordism", yaitu produksi massal sejumlah besar mobil murah menggunakan jalur perakitan, digabungkan dengan gaji tinggi untuk para pekerjanya. 

Ford memiliki visi global, dengan konsumerisme sebagai kunci perdamaian. Ford tidak percaya pada akuntan, ia mengumpulkan salah satu kekayaan terbesar dunia tanpa pernah perusahaannya diaudit di bawah pemerintahannya. 

Henry Ford intens komitmen untuk menurunkan biaya menghasilkan banyak teknis dan inovasi bisnis, termasuk sistem waralaba yang menempatkan dealer di setiap kota di Amerika Utara, dan di kota-kota besar di enam benua. 

Biografi

Henry Ford seorang penemu, dermawan, dan pengusaha Amerika yang sukses. Ford adalah pendiri perusahaan Ford Motor, yang populer dan sukses dengan mobil Ford Model T yang dirilis pada 1908. 

Henry Ford merevolusi cara mobil didesain dan dibangun, memperkenalkan pabrik perakitan untuk memproduksi jumlah massa kendaraan yang menuju harga yang lebih rendah bagi konsumen, dan ledakan dalam kepemilikan mobil di seluruh Amerika Serikat.

Henry Ford lahir pada 30 Juli 1863 di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat, di tempat yang kemudian dikenal sebagai Springwells Township. Orangtua Ford adalah imigran Irlandia, dan keluarganya tinggal di sebuah peternakan. 

Henry Ford anak tertua dari enam anak. Keluarga memiliki asuhan nyaman di pertanian dengan pendapatan yang layak. Tetapi, sebagai orang muda, Ford percaya ada pekerjaan terlalu banyak dan tidak cukup pendapatan hidup dari tanah.

"Ini adalah kehidupan di tanah pertanian yang mendorong saya ke dalam merencanakan cara dan sarana untuk transportasi yang lebih baik. Saya lahir di sebuah pertanian di Dearborn, Michigan, dan seingat saya, dengan mempertimbangkan hasil, ada juga banyak pekerjaan di tempat itu," kutipan Henry Ford

Ford memulai kariernya sebagai teknisi magang pada tahun 1879, kemudian kembali ke peternakan keluarganya pada 1882, sebelum memulai bekerja dengan perusahaan Westinghouse ke layanan mesin uap mereka. Ford kemudian bekerja di perusahaan Edison, di mana ia menjadi kepala insinyur pada 1893.

Henry Ford menikmati hal-hal mekanik dan selalu berusaha memperbaiki atau membuat mesin lebih berguna. Pada 1893, ia menciptakan mobil bensin pertama yang  didorong atau Quadricycle. 

Dia kemudian memulai Detroit Automobile, perusahaan dengan beberapa investor lain untuk memperbaiki desainnya, tetapi perusahaan itu bangkrut tak lama kemudian. Ford kemudian membangun Henry Ford Company, yang juga bangkrut sebelum akhirnya memulai Ford Motor Company pada 1903.

Ford Motor Company meluncurkan mobil Model T yang sukses pada 1908. Umumnya, mobil dibangun satu per satu, dan hanya dapat diakses dengan sangat mahal, tetapi Ford terus memperbaiki cara mobil-mobil yang diproduksi. 

Pada tahun 1913, mobil sedang diproduksi massal oleh salah satu lini perakitan pertama bergerak. Pada tahun 1918, separuh dari jumlah total mobil di Amerika Serikat adalah Model T's, sebanyak 15 juta mobil dijual, dan produksi Model T akhirnya berhenti pada tahun 1927.

Ford juga memiliki kepentingan dalam politik, tetapi tidak pernah sukses sebagai politisi, dan berhasil masuk Senat sebagai seorang Demokrat. Dia juga memiliki pandangan kuat mengenai tenaga kerja, dan bagaimana tenaga kerja harus ditangani. 

Henry Ford menciptakan Ford Foundation pada tahun 1936, untuk meningkatkan kesejahteraan manusia melalui dana penelitian, hibah pendidikan, dan pembangunan.

Pada 1947, pada usia 83, Henry Ford meninggal karena pendarahan otak, dan dimakamkan di Pemakaman Ford di Detroit.

Awal hidup

Henry Ford lahir 30 Juli 1863, di sebuah peternakan di Greenfield Township (dekat Detroit, Michigan). Ayahnya, William Ford (1826-1905), lahir di County Cork, Irlandia. Ibunya, Maria Litogot Ford (1839-1876), dilahirkan di Michigan, anak bungsu dari imigran Belgia; orang tuanya meninggal ketika Maria masih kecil dan ia diadopsi oleh tetangga, yang O'Herns. 

Saudara Henry Ford termasuk Margaret Ford (1867-1938); Ford Jane (1868-1945); William Ford (1871-1917), dan Robert Ford (1873-1934).

Ayah Henry memberikan sebuah jam saku pada masa awal remajanya. Pada usia lima belas, Ford membongkar dan memasang kembali jam milik teman dan tetangga puluhan kali, hingga mendapat reputasi sebagai tukang reparasi jam. Pada usia dua puluh, Ford berjalan empat kilometer ke gereja Episkopal setiap hari Minggu.

Ford merasa hancur ketika ibunya meninggal pada tahun 1876. Ayahnya mengharapkan dia mengambil alih peternakan keluarga, tapi Henry membenci pekerjaan pertanian. Dia mengatakan kepada ayahnya, "Aku tidak pernah punya cinta untuk pertanian."

Pada 1879, ia meninggalkan rumah untuk bekerja sebagai teknisi magang di kota Detroit, pertama dengan James F. Bunga & Bros, dan kemudian dengan Detroit Dry Dock Co. 

Pada tahun 1882, ia kembali ke Dearborn untuk bekerja di pertanian keluarga, dan menjadi mahir mengoperasikan mesin uap Westinghouse portabel. Dia kemudian direkrut oleh perusahaan Westinghouse ke layanan mesin uap mereka. 

Ford menikah dengan Clara Ala Bryant (1865-1950) pada tahun 1888, dan menjalankan usaha pertanian serta penggergajian. Mereka memiliki anak tunggal: Edsel Bryant Ford (1893-1943).

Pada tahun 1891, Ford menjadi insinyur di Perusahaan Edison. Dan setelah dipromosikan menjadi Chief Engineer pada 1893, ia punya cukup waktu dan uang untuk mencurahkan perhatian untuk percobaan pribadinya pada mesin bensin. 

Percobaan itu memuncak pada tahun 1896, dengan selesainya kendaraan yang busa bergerak sendiri, bernama Quadricycle Ford, yang diuji pada tanggal 4 Juni 1896. Setelah berbagai test-drive, Ford mencari cara untuk meningkatkan Quadricycle.

Pada 1896 pula, Ford menghadiri pertemuan eksekutif Edison, di mana dia diperkenalkan kepada Thomas Edison. Edison menyetujui eksperimentasi mobil Ford. Didorong oleh persetujuan Edison, Ford merancang dan membangun sebuah kendaraan kedua, yang diselesaikan pada 1898. 

Dengan modal kayu baron Detroit William H. Murphy, Ford mengundurkan diri dari Edison dan mendirikan Perusahaan Detroit Automobile, pada 5 Agustus 1899. Pada akhirnya, perusahaan itu tidak berhasil, dan dibubarkan pada Januari 1901.

Baca lanjutannya: Biografi Lengkap Henry Ford, Sang Pencipta Mobil (Bagian 2)

Related

Figures 5106524029649069436

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item