Box Jellyfish, Ubur-ubur dengan Racun Paling Mematikan di Dunia


Naviri Magazine - Di antara hewan-hewan lain yang memiliki racun mematikan, ubur-ubur kotak menempati peringkat teratas. Sejak tahun 1954, tercatat ada 5.567 kematian manusia yang disebabkan racun ubur-ubur tersebut. 

Hewan berbahaya ini banyak dijumpai di perairan Asia dan Australia. Ketika menyengat, racun hewan itu akan menyerang jantung, sistem saraf, dan sel kulit. 

Korban biasanya akan shock setelah tersengat ubur-ubur tersebut, tenggelam, atau meninggal karena gagal jantung sebelum mereka sempat meminta pertolongan. Sementara beberapa korban yang hidup setelah tersengat ubur-ubur itu harus dirawat di rumah sakit sampai berminggu-minggu.

Kebanyakan korban yang tersengat ubur-ubur kotak tidak sempat diselamatkan. Namun, meski begitu, korban yang segera mendapatkan perawatan medis biasanya akan tertolong. 

Selama ini, pertolongan pertama yang biasa diberikan untuk korban sengatan ubur-ubur kotak adalah dengan secepatnya memberi cuka pada bagian tubuh yang tersengat. Cuka mengandung acetic acid yang dapat menghalangi racun dari ubur-ubur itu masuk ke dalam aliran darah, meski rasa sakit akibat sengatan tetap terasa.

Selain itu, mengenakan pakaian renang yang terbuat dari karet dianggap sebagai salah satu pencegahan untuk menghindari sengatan ubur-ubur kotak.

Related

Science 8294596291378642734

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item