Dari Mana Sebenarnya Asal Bitcoin, dan Siapa Pencipta di Baliknya?


Naviri Magazine - Karena Bitcoin kerap dijadikan sebagai alat pembayaran di dunia maya, maka sebagian orang pun bertanya-tanya, dari mana asal Bitcoin?

Jika menggunakan perumpamaan uang di dunia nyata, kita tahu bahwa uang yang kita kenal—yang digunakan sebagai alat pembayaran—dibuat oleh bank sentral di negara bersangkutan (misal Bank Indonesia). Lalu bagaimana dengan Bitcoin? Dari mana asal usulnya, dan siapa yang membuat/menciptakannya?

Bitcoin ‘diciptakan’ oleh seseorang atau sekelompok orang dengan nama ‘Satoshi Nakamoto’. Apakah ada orang yang sungguh-sungguh mengenal siapa dia? 

Walaupun ada banyak artikel dan investigasi untuk mencari tahu kebenaran mengenai siapa dia (atau mereka), tidak ada bukti yang cukup kuat hingga saat ini. Apakah itu penting? Tidak sama sekali. 

Satoshi merancang seluruh sistem Bitcoin dengan sikap ‘open manner’, artinya kode ini tersedia untuk dilihat dan diperiksa oleh semua orang, jadi tidak ada rahasia tersembunyi, dan tidak ada pengaruh dari penciptanya. Seiring berjalannya waktu, banyak orang mulai mengerjakan kode-kode ini, sehingga sangat berbeda dengan rancangan awal yang dibuat Satoshi.

Penting untuk diingat bahwa ada kesalahpahaman mengenai Satoshi yang menyebutkan bahwa Satoshi menciptakan Bitcoin sendirian. Seperti terobosan besar lainnya di ilmu pengetahuan, ciptaan Satoshi dibangun oleh tangan banyak orang. 

Pada beberapa dekade belakangan, banyak ahli terkemuka, teknisi, dan ahli matematika terlibat dalam penelitian mengenai cryptography, sistem, dan lainnya. Satoshi berhasil merangkum semua pekerjaan ini menjadi satu rencana koheren dan jelas, lalu melakukan implementasi rencana tersebut. 

Jika Anda membaca Satoshi Whitepaper, Anda akan membaca referensi-referensi dari seluruh penemuan yang mendorong keberhasilannya dalam ciptaan tersebut.

Related

Technology 8616053564631998470

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item