Dari Mencegah Kanker Sampai Menunda Penuaan, Inilah Manfaat Nangka

Dari Mencegah Kanker Sampai Menunda Penuaan, Inilah Manfaat Nangka

Naviri Magazine - Aroma yang menyengat dan rasa manis, membuat nangka tak terlalu digemari kaum Adam. Kecuali bila dicampurkan sebagai tambahan dalam makanan atau minuman.

Hal lain yang menyebabkan buah berwarna kuning ini jarang dikonsumsi adalah sulit mengupas kulitnya, karena terlalu tebal. Butuh waktu lama mengambil potongan nangka dari kulitnya. Padahal, banyak sekali manfaat nangka yang tidak diketahui banyak orang.

Saking berkhasiatnya, dahulu nangka kerap dijadikan obat untuk memperbaiki kesuburan pada pria. Pria yang rajin mengonsumsi nangka memiliki jumlah sperma lebih banyak, seperti dilansir dari Boldsky.

Daging nangka mempunyai zat tepung, dan merupakan sumber makanan yang kaya vitamin A, C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin, dan seng. Seratnya juga rendah kalori, sehingga baik bagi mereka yang menderita penyakit jantung.

Berikut sederet manfaat lain dari buah nangka. 

Mencegah kanker

Nangka mengandung saponin, isoflavon, dan lignan, yang membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Tiga zat tersebut juga bisa memperlambat kemunduran sel di dalam tubuh. 

Energi tambahan bagi tubuh

Buah nangka memberi energi tambahan yang baik bagi tubuh. Pasalnya, 90% zat yang terkandung di dalamnya adalah karbohidrat. Maka dari itu cocok menjadi kudapan sehat saat Anda berniat mengurangi jadwal makan.

Mengurangi risiko osteoporosis

Selain karbohidrat, irisan nangka juga mengandung 50 gram kalsium. Sehingga bila dikonsumsi secara rutin, akan baik bagi kekuatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sama seperti buah pada umumnya, nangka memiliki kandungan vitamin C. Vitamin inilah yang disinyalir mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Berguna dalam proses produksi hormon

Manfaat selanjutnya dari nangka adalah melindungi tiroid. Mineral mikro dan tembaga di dalamnya sangat efektif untuk metabolisme tiroid, dan berdampak baik pada proses produksi hormon dan penyerapan.

Mengendalikan tekanan darah

Kandungan kalium pada nangka membuat para ahli menyarankan agar orang yang mengalami gangguan tekanan darah mengonsumsinya secara rutin. Sebab, setiap satu buah nangka dapat mengendalikan tekanan darah.

Menunda penuaan

Nangka mengandung fenol dan flavonoid yang merupakan antioksidan. Zat ini menunda penuaan, dan melawan radikal bebas. Bahkan mereka yang terkena katarak dapat mengonsumsi buah ini untuk penanganan awal.

Related

Health 5226999336838289177

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item