Hasil Penelitian: Tumbuhan Kubis Ternyata Bisa Saling Berkomunikasi


Naviri Magazine - Para peneliti di Exeter University memodifikasi gen kubis yang memicu keluarnya gas saat permukaan tanaman dipotong atau dilubangi. Modifikasi gen itu ditujukan untuk membuktikan tanaman memang “saling berbicara”, dan dilakukan dengan cara menambahkan luciferase protein ke DNA, sehingga emisi tanaman dapat dipantau di depan kamera. 

Luciferase protein menimbulkan cahaya kunang-kunang dalam gelap. Melalui cara itu, para peneliti pun membuktikan kalau tanaman memang saling berkomunikasi.

Ketika daun salah satu tanaman kubis dipotong dengan gunting, tanaman itu memancarkan gas—jasmonat metil—yang “memberitahu” tanaman lain bahwa ada bahaya di sekitar mereka. 

Dua tanaman kubis di dekat tanaman yang dipotong itu menerima pesan tersebut untuk melindungi diri. Mereka kemudian memproduksi bahan kimia beracun pada daun untuk menangkis predator seperti ulat, sebagai upaya pertahanan diri. Itu pertama kalinya komunikasi antartanaman tertangkap kamera.

Kenyataan itu pun semakin menguatkan prediksi bahwa tanaman berkomunikasi satu sama lain melalui bahasa yang rumit dan tak terlihat. 

Profesor Ian Stewart, salah satu peneliti, menyatakan, “Gas tersebut memicu perubahan aktivitas biologis dua tanaman di sebelahnya. Mereka mendeteksi pesan yang memperingatkan untuk melindungi diri. Mungkin ada obrolan konstan antar berbagai tanaman, dan mereka secara kimia dapat merasakan hal yang terjadi pada tumbuhan lain. Itu tak ubahnya ada bahasa rahasia yang tersembunyi di sekitar kita.” 

Ia menambahkan, “Kebanyakan orang berasumsi tanaman menjalani hidup pasif. Kenyataannya mereka bergerak, punya rasa, dan berkomunikasi—mereka punya sejenis inteligensi.”

Sementara Profesor Nick Smirnoff, yang memimpin penelitian tersebut, mengemukakan bahwa temuan mereka tidak berarti bahwa tanaman bisa merasakan sakit, karena tanaman tidak memiliki saraf. “Masih banyak yang harus dipelajari dari fenomena ini,” ujarnya.

Related

Science 4433790593846414120

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item