Hati-hati, Ini 8 Makanan yang Bisa Memicu Naiknya Asam Lambung


Naviri Magazine - Rasa sakit di bagian dada sehabis makan, kesulitan bernapas, sakit kepala di siang hari, batuk terus saat berbaring, rasa terbakar di tenggorokan saat bangun tidur, ini semua adalah tanda-tanda dari asam lambung yang naik.
 
Terlepas apakah Anda mengalami sakit maag sesekali atau mengalami gejala GERD (gastroesophageal reflux disease), efek yang diakibatkan sangat membuat tidak nyaman.
 
Naiknya asam lambung sebenarnya bisa disebabkan oleh terlalu sedikit asam lambung sehingga membatasi produksi asam yang dapat memperburuk masalahnya. Selain itu, studi menunjukkan bahwa penggunaan jangka panjang obat asam lambung dikaitkan dengan kekurangan vitamin yang berbahaya, dan peningkatan risiko osteoporosis.

Tetapi, jangan khawatir, karena ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dengan mengubah pola makan dan gaya hidup secara alami, untuk mengurangi sakit akibat naiknya asam lambung.
 
Mulailah dengan membatasi atau menghapus makanan ini dari daftar makanan sehari-hari Anda.
 
Buah yang asam
 
Jeruk dan anggur diketahui dapat memicu heartburn atau mulas, terutama jika dimakan secara langsung tanpa campuran.
 
Minuman soda dan air berkarbonasi
 
Selain dikaitkan dengan stroke dan demensia, minuman ringan dan karbonasi dapat memicu serangan asam lambung.
 
Gluten
 
Gluten tidak hanya dapat memperparah sakit di perut dan sistem pencernaan, tapi juga dapat menyebabkan radang sistemik, penyakit autoimun, dan lainnya.
 
Tomat dan marinara
 
Jika Anda mengalami serangan mulas yang berulang, tomat dan marinara adalah pemicunya.
 
Peppermint
 
Peppermint memang dapat membantu mengobati peradangan usus dan mual, tetapi bisa meningkatkan gejala mulas. Jika asam lambung bermasalah, hindari permen atau makanan dengan rasa peppermint.
 
Makanan berlemak dan gorengan
 
Lemak sehat seperti minyak kelapa dan omega-3 dapat menyembuhkan usus yang bermasalah. Tapi, makanan tinggi lemak atau gorengan dapat memicu asam lambung naik.
 
Bawang putih dan bawang merah
 
Gejala mulas pada setiap orang berbeda, dan beberapa orang tidak dapat menolerir apa pun yang berasal dari keluarga allium seperti bawang merah dan putih. Anda bisa mengganti bawang dengan jahe.
 
Kopi dan teh
 
Kandungan asam yang tinggi, ditambah kafein, dapat membuat kerongkongan Anda terasa seperti terbakar setelah minum secangkir teh atau kopi. Kurangi asupan kopi dan teh, atau pilih teh hijau tanpa pemanis.

Related

Health 4389328697745342309

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item