Hati-hati, Menyikat Gigi Terlalu Keras Bisa Membuat Gusi Turun


Naviri Magazine - Gusi turun adalah kondisi gusi yang mengalami penurunan dan membuat akar gigi jadi terekspos atau terlihat. Beberapa orang menganggap gusi turun bisa disebabkan oleh kebiasaan menyikat gigi yang terlalu keras. Benarkah demikian? Sebenarnya apa penyebab gusi turun?

Sejak kecil, kita selalu dianjurkan untuk menyikat gigi setiap hari, setidaknya dua kali sehari agar gigi tampak putih, berkilau, dan kuat. Nah, saking bersemangatnya, kebanyakan kita pun menyikat gigi terlalu keras sehingga memengaruhi kondisi gusi. 

“Menyikat gigi terlalu keras dengan sikat gigi yang abrasif dapat memengaruhi gusi dan menyebabkan resesi. Sebaiknya jangan terlalu keras menyikat gigi, dan pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut. Sikat gigi listrik yang memiliki sensor tekanan juga bisa menjadi pilihan,” ungkap drg. Imogen Bexfield dari White Swan Asthetics.

Dokter Imogen menambahkan, saat gusi turun, akar gigi yang terekspos atau terlihat bisa menyebabkan gigi sensitif dan rusak. “Kondisi gusi turun ini juga akan memengaruhi penampilanmu karena akar gigi berwarna kuning,” ungkap drg. Imogen dari London, Inggris. 

Related

Health 951398484413780246

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item