Hewan-hewan dengan Keunikan Letak dan Fungsi Matanya (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Hewan-hewan dengan Keunikan Letak dan Fungsi Matanya - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Kucing

Kucing dapat berburu mangsa pada siang hari maupun malam hari, dan hal itu sangat dibantu oleh kedua matanya. Sepasang mata kucing dapat menyesuaikan diri dengan baik, pada siang hari yang terang ataupun pada malam hari yang gelap. 

Pupil atau biji mata kucing tidak bundar seperti umumnya mata hewan lain, melainkan lonjong atau oval. Pada malam hari, mata yang lonjong itu akan terbuka melebar. Sedang pada waktu siang, atau pada cahaya yang kuat dan terang, matanya akan mengecil sampai menjadi sebentuk celah.

Mata kucing juga akan berpijar seperti menyala bila disoroti cahaya lampu yang kuat, karena di bagian belakang matanya terdapat lapisan selaput yang bekerja seperti cermin, yang memantulkan kembali cahaya yang mengenainya. 

Selain itu, di dalam matanya juga terdapat sel-sel yang sangat peka terhadap cahaya yang redup. Namun, sel-sel itu tidak dapat membedakan warna alias buta warna.

Ikan

Mata ikan memiliki keunikan, karena dapat bergerak sendiri-sendiri. Mata seekor ikan, terutama ikan yang pipih, terdapat pada kanan dan kiri kepalanya. Sepasang mata itu dapat bekerja sendiri-sendiri dengan bebas, tidak tergantung satu sama lain. Maka ikan pun dapat melihat ke depan dengan mata kanannya, sekaligus melihat ke belakang dengan mata kirinya. 

Dengan kemampuan seperti itu, ikan selalu memiliki jarak pandang yang luas, karena dapat melihat kedua arah yang berbeda secara bersamaan. Kemampuan itu memang dibutuhkan ikan, karena musuh bisa saja datang dari depan atau belakang kapan saja.

Selain itu, ikan juga tidak memiliki kelopak mata, sehingga tidak bisa berkedip. Karena hidup di dalam air dengan kedua mata yang selalu terbuka, mata ikan pun selalu dalam keadaan bersih dan cemerlang.

Laba-laba

Mata laba-laba merupakan gabungan beberapa mata. Setiap mata memiliki lensa dan sel penerima berkas cahaya, sehingga tampak seperti faset yang terpisah-pisah dan biasanya tersusun dalam kelompok-kelompok atau rumpun-rumpun pada punggung kepalanya.

Laba-laba yang menangkap mangsa dengan jaring dan menunggu mangsanya terperangkap, tidak begitu bergantung pada penglihatannya seperti laba-laba pemburu. Laba-laba pemburu memiliki rumpun mata yang terdiri dari delapan buah mata, yang terdapat pada punggungnya. Tiap-tiap mata dilengkapi lensa dan sel-sel yang dapat menangkap berkas cahaya.

Meskipun tidak ada seekor laba-laba yang dapat melihat dengan jelas suatu benda dalam jarak lebih dari 30 sentimeter, namun laba-laba pemburu dapat mengikuti gerakan sekecil apa pun dari bayangan mangsanya yang berpindah-pindah melalui satu mata ke mata berikutnya.

Bunglon

Bunglon adalah salah satu hewan dengan mata yang paling unik di dunia. Hewan ini tidak memiliki kelopak mata atas dan bawah, namun memiliki kerucut dengan lubang yang ukurannya relatif cukup besar untuk pupil mereka. 

Setiap kerucut tersebut dapat digunakan secara terpisah, dan dengan itu bunglon dapat melihat dua objek secara jelas pada saat bersamaan, meski dua objek itu terpisah di tempat yang berlainan arah. 

Karena memiliki kemampuan penglihatan semacam itu, bunglon pun sangat mahir dalam berburu serangga yang menjadi makanannya, termasuk serangga yang terbang.

Related

Science 889289419928792765

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item