Ini 10 Film Terkenal Hollywood yang Mencetak Rekor Dunia


Naviri Magazine - Guiness World Records adalah organisasi yang mencatat rekor-rekor dunia dalam berbagai bidang, termasuk bidang film. Ada cukup banyak film Hollywood yang masuk dalam catatan Guiness World Records, bisa karena menggunakan biaya terbesar dalam proses pembuatannya, karena banyaknya sutradara yang terlibat, dan lain-lain.

Dari banyak film Hollywood yang masuk Guiness World Records, berikut ini sepuluh di antaranya.

Ledakan terbesar di film Spectre (2015)

Seri film James Bond ini sukses membuat para penonton terngiang-ngiang pada setiap alurnya. Kesuksesan ini, selain didukung para aktor seperti Daniel Craig, Lea Seydoux, dan Christoph Waltz, juga karena totalitas setiap adegan yang ditampilkan. Untuk kamu yang mengaku ngefans dengan film ini, pasti ingat dengan adegan ledakan-ledakan yang membuat kita melongo.

Tak heran, karena ledakan besar ini film Spectre berhasil tercatat di Guiness World Records sebagai film dengan ledakan terbesar sepanjang masa. 

Bahkan, untuk memproduksi film ini, kru di balik film tersebut membuat ledakan menggunakan 8,418 liter kerosene dan 33 kilo gram bubuk peledak, untuk menghasilkan salah satu adegan ledakan di Maroko. Bahkan kekuatan yang dihasilkan ledakan ini setara dengan 68,47 ton TNT!

Toy Story, animasi pertama yang dibuat komputer (1995)

Siapa yang tak kenal dengan kisah Woody dan teman-teman mainannya? Film yang bercerita tentang kehidupan para mainan, yang ternyata memiliki tantangan dan keseruan, ini sukses membuat penonton betah untuk mengikut seri-seri selanjutnya. 

Film yang disutradarai John Lasseter ini juga semakin menarik, dengan kehadiran Buzz Lightyear dalam menemani Woody bertemu dengan hal-hal seru.

Keberhasilan film ini membuatnya dinobatkan sebagai film animasi pertama yang sepenuhnya dibuat menggunakan komputer. Film pertama studio Pixar ini juga mendapatkan beberapa nominasi Academy Awards, seperti Best Original Screenplay, Best Original Score, dan Best Original Song.

Breakfast at Tifanny's, kostum termahal sepanjang masa (1961)

Meskipun sudah cukup lama, Breakfast at Tifanny's masih menjadi salah satu film yang menarik untuk ditonton. Berkisah tentang sosialita yang jatuh hati dengan seorang pria yang pindah ke komplek apartemennya, kamu tidak hanya disuguhi kisah romantis, namun juga hal-hal kocak yang terjadi di dalam film.

Tim produksi film ini memang memberikan totalistas dalam menunjukkan kehidupan seorang wanita sosialita. Tak hanya dari gambaran penampilan, namun juga sampai ke detail barang-barang yang digunakan aktornya. Kostum yang digunakan para pemainnya juga masuk dalam kostum termahal sepanjang sejarah.

Saking menarik perhatian penonton, kostum ini terjual dalam lelang kepada anonymous bidder dengan harga Rp 8,5 triliun. Selain itu, Breakfast at Tifanny's juga memenangkan dua nominasi Academy Awards untuk kategori Best Original Score dan Best Original Song.

Avengers: Endgame meraup pendapatan tertinggi (2019)

Film ini pasti belum lepas dari ingatanmu. Bagaimana tidak, dengan durasi 3 jam 2 menit, Avengers: Endgame sukses membayar rasa penasaran penonton dengan memberikan alur yang sangat menyentuh. Bahkan Indonesia juga tidak ketinggalan terjangkit demam Avengers: Endgame, terlihat dari banyaknya studio yang dibuka khusus untuk film ini.

Menariknya, ada pula beberapa bioskop yang beroperasi pada pagi hari untuk menghindari membeludaknya penonton. Tingginya antusias para penonton Avengers: Endgame membuat film ini meraup pendapatan tertinggi sepanjang sejarah. 

Mendapatkan penghasilan sekitar Rp 39,4 triliun, film ini sukses menggeser film Avatar yang berhasil bertahan selama 10 tahun.

The Owner menggunakan sutradara terbanyak (2012)

Film yang rilis pada tahun 2012 lalu ini bercerita tentang perjalanan tas yang pada akhirnya kembali pada pemilik awalnya. Kalau kamu sudah menonton film ini, pasti tahu film ini terbagi menjadi potongan-potongan segmen pendek, yang akhirnya menjadi film utuh.

Bukan tanpa sebab, konsep menarik ini terjadi karena adanya 25 sutradara yang terlibat dalam proses pembuatan film The Owner. Dengan 25 pemikiran yang berbeda dari para sutradara, rupanya membuat film ini memecahkan rekor sebagai film dengan sutradara terbanyak versi Guiness World Record pada 9 Januari 2013 lalu.

The Lord of The Rings: The Return of The King, meraih Oscar terbanyak (2003)

Siapa yang tidak tahu film besutan Peter Jackson ini? Sukses diperankan Elijah Wood, Viggo Mortensen, dan Ian McKellen, film ini berhasil memborong banyak piala di ajang Oscar 2004. Seperti yang diketahui, Oscar adalah ajang pemberian penghargaan untuk pemenang kompetisi film yang bergengsi.

The Lord of The Rings: The Return of The King berhasil meraih 11 penghargaan pada Oscar 2004. 11 Piala itu mewakili untuk karya terbaik dari segi film, sutradara, skenario, penyuntingan, dekorasi, tata rias, musik asli, tata suara, lagu asli, dan juga efek visualnya.

Star Wars: The Force Awakens, meraih pemasukan tercepat (2015)

Salah satu kesuksesan sebuah film biasanya terlihat dari banyaknya penonton yang tertarik untuk menonton karya tersebur. Tentu semakin banyak penonton yang melihat, akan semakin banyak pendapatan yang diraih. 

Hal ini bisa terlihat dari film Star Wars: The Force Awakens yang berhasil mendapat total $2.068 miliar di seluruh dunia. Rekor sebelumnya yang dipegang Jurassic World (2015) disalip Star Wars: The Force Awakens yang berhasil meraup $1 miliar pertama hanya dalam waktu dua belas hari.

The Godfather, film dengan naskah termahal (1972)

Film karya Francis Ford Coppola ini juga berhasil mencatat hal bersejarah dalam dunia perfilman. The Godfather mendapat tiga Oscar pada 1972 untuk film terbaik, aktor terbaik bagi Marlon Brando, dan skenario terbaik untuk Mario Puzo sebagai penulis novelnya.

Namun menariknya, Marlon Brando pernah menjual naskah skenario setebal 173 halaman miliknya di balai lelang Christie's, New York, dengan nilai $312.800. Bahkan salinan skenario yang dibeli oleh seorang anonim itu disebut menjadi yang termahal untuk dijual. 

The Departed, daur ulang pertama yang meraih Oscar terbanyak

Meskipun banyak film remake yang dirilis tiap tahun, namun The Departed berhasil meraih film terbaik untuk film daur ulang pertama kalinya. Diperankan Leonardo DiCaprio, Matt Damon, dan Jack Nicholson, film ini juga sukses meraih Oscar untuk sutradara terbaik, skenario terbaik, dan penyuntingan terbaik. 

Hal ini mencetak fakta menarik untuk sejarah film daur ulang. The Departed meraih empat piala Oscar.

Guardians of the Galaxy, memunculkan adegan 83.871 orang mati (2014)

Film besutan James Gunn yang menampilkan Chris Pratt, Vin Diesel, dan Bradlet Cooper, ini tercatat menjadi film yang paling mematikan. The Guardian mencatat, film ini menampilkan 83.871 orang meninggal. Tercatat sebanyak 80.000 pilot Nova Corp yang meninggal.

Related

Film 7842750520514659400

Recent

item