Ini 10 Hal yang Bisa Menyebabkan Mulut Terasa Kering


Naviri Magazine - Ada satu momen ketika Anda tiba-tiba menjadi pendiam. Ini bukan karena Anda sedang malas bicara atau suasana hati yang sedang gelisah, melainkan lantaran bau mulut. 

Aroma tak sedap yang keluar dari mulut bisa jadi disebabkan oleh mulut yang kering. Banyak minum ternyata tak juga membantu memulihkan kondisinya.

Mengutip Dailymail, ada sepuluh penyebab mulut terasa kering. Mungkin salah satunya penyebab Anda menjadi tak banyak bicara. Berikut ini penjelasannya.

Hormon

Dalam kondisi dehidrasi atau gugup, mulut kering itu hal biasa. Saat gugup, kita biasanya banyak bernapas lewat mulut, sehingga air liur lebih cepat menguap. 

Namun, bila mulut kering terus terjadi meski kita tak dalam kondisi fisik atau mental tertentu, atau istilah medisnya xerostomia, penyebabnya bisa karena hormon, terutama para wanita dalam masa menopause yang mengalami perubahan hormon.

Gangguan pada hidung

Kekurangan air liur bisa menyebabkan kesulitan pada mulut saat berbicara dan makan. Akibatnya, muncul rasa sakit dan tidak nyaman. Sering bernapas melalui mulut diakibatkan tersumbatnya hidung karena flu atau alergi. 

Penyebabnya bisa juga jalan udara di hidung yang terhambat, yang menyebabkan mulut tak bisa tertutup ketika tidur atau amandel yang sangat besar.

Decongestant

Decongestant adalah obat yang biasa diminum bila hidung tersumbat. Cara kerjanya dengan membuat pembuluh darah di selaput lendir mengecil, mengurangi peradangan, dan melancarkan pernapasan. Dampak tak langsungnya adalah berkurangnya cairan dari sirkulasi udara yang masuk ke rongga hidung. 

Bila digunakan dalam jangka pendek, decongestant memang membantu meredakan sakit. Tapi, bila dipakai dalam jangka panjang, akibatnya hidung dan mulut jadi kering.

Obat kumur

Obat kumur yang mengandung alkohol memang efektif membunuh bakteri, tapi di sisi lain membuat mulut kering. Penyebabnya adalah alkohol yang mengakibatkan iritasi pada selaput lendir di mulut dan membuatnya kering.

Asam lambung

Mulut kering juga bisa diakibatkan oleh penyakit asam gastroesophageal, atau sering disebut heartburn. Asam lambung yang naik hingga kerongkongan menyebabkan iritasi dan peradangan, yang membuat tenggorokan dan mulut kering.

Kondisi ini membuat kita menelan lebih banyak ludah untuk membasahi kerongkongan, tapi membuat mulut kering.

Kopi

Terlalu banyak minum kopi juga bisa mengakibatkan dehidrasi. Kafein bersifat diuretik ringan, artinya membuat kita lebih sering buang air kecil. Selain itu, tannins, zat yang terdapat pada kopi dan beberapa jenis teh, menyebabkan kering pada mulut.

Diabetes

Kadar gula darah yang terus tinggi karena diabetes yang tidak diobati bisa membuat mulut kering. Selain rasa lelah dan berat badan turun, terjadi gejala hiperglikemia, termasuk lebih sering buang air kecil. 

Bila kadar gula darah tinggi, ginjal akan kehilangan kemampuan untuk menyerap cairan, sehingga air terbuang melalui urine dan mengakibatkan dehidrasi. Mulut kering juga bisa disebabkan oleh obat-obatan diabetes.

Persendian

Berbagai penyakit, seperti rematik, radang sendi, dan lupus akibat peradangan pada pembuluh darah, juga bisa menyebabkan sindrom sjoegren. Sindrom ini merupakan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar air liur dan air mata, sehingga mulut dan mata kering.

Benturan di kepala

Dua atau tiga pasang kelenjar liur dirangsang oleh dua saraf di wajah, melalui kedua tulang pipi dan berpusat di tengkorak. Trauma kepala bisa merusak saraf tersebut dan menyebabkan mulut kering. 

Benturan di kepala akibat kecelakaan lalu lintas, terjatuh, atau pukulan, bisa menjadi penyebab rusaknya tulang penyangga saraf itu.

Obat-obatan

Xerostomia adalah salah satu efek umum dari 400 jenis obat-obatan, dari resep dokter ataupun bebas. Pengobatan kanker seperti kemoterapi dan radioterapi juga bisa menyebabkan mulut kering, dan penderita disarankan untuk mengisap es loli untuk mengurangi rasa tidak nyaman itu.

Related

Health 3794042127171113692

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item