Ini 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia


Naviri Magazine - Ada yang berminat masuk ke perguruan tinggi swasta, ada pula yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri. Perbedaan itu bisa jadi dilatari aneka sebab, alasan, dan latar belakang. Yang jelas, mau kuliah di universitas swasta atau negeri, kita tentu ingin belajar di perguruan tinggi yang berkualitas baik. 

Pertanyaannya, universitas negeri mana saja di Indonesia yang terbaik?

Untuk menjawab pertanyaan itu, kita bisa merujuk pada data yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sebagai pihak yang berwenang terkait pendidikan di Indonesia, Kemenristekdikti tentu punya data yang valid. 

Menurut Kemeristekdikti, mutu pendidikan dinilai dari empat komponen, yakni kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas kelembagaan; kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

“Daftar klasterisasi perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Kemenristekdikti yang dapat digunakan sebagai informasi valid bagi masyarakat. Jangan percaya data hoax yang tidak sesuai dengan daftar yang dikeluarkan Kementerian,” dilansir dari laman resmi Kemenristekdikti.

Pengelompokan/klasterisasi dilakukan untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan dalam melaksanakan tridharma, salah satunya kesehatan organisasi. 

Dengan klasterisasi, Kemenristekdikti bisa menyusun formula yang tepat dalam melakukan pembinaan perguruan tinggi di Indonesia.

“Klasterisasi ini juga dapat digunakan setiap perguruan tinggi sebagai refleksi dan motivasi bagi peningkatan kualitas perguruan tingginya, baik dari segi kualitas Sumber Daya Manusia, kurikulum, manajemen organisasi, riset, publikasi, pengabdian kepada masyarakat, dan aspek lainnya,” imbuhnya.

Berikut daftar 10 universitas negeri terbaik di Indonesia, versi Kemenristekdikti:

1. Universitas Gadjah Mada
2. Institut Teknologi Bandung
3. Institut Pertanian Bogor
4. Universitas Indonesia
5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
6. Universitas Diponegoro
7. Universitas Airlangga
8. Universitas Brawijaya
9. Universitas Hasanuddin
10. Universitas Negeri Yogyakarta

Related

Education 2249930637197664707

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item