Ini 3 Hal yang Perlu Diperhatikan, agar Sariawan Cepat Sembuh


Naviri Magazine - Sariawan adalah kondisi yang disebabkan oleh jamur yang ada di dalam mulut. Saat pertumbuhannya meningkat, terjadi infeksi di area gigi dan mulut, yang kemudian dikenal dengan istilah sariawan. 

Jadi, jika saat mengalami sariawan kamu malas menjaga kebersihan gigi dan mulut, misalnya malas menyikat gigi, hal ini bisa menyebabkan sariawan tak kunjung sembuh.

Dehidrasi

Saat tubuh dehidrasi, produksi air liur pun ikut berkurang. Padahal, air liur memiliki enzim yang dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Perhatikan selalu asupan air putih yang masuk ke dalam tubuh, terutama saat mengalami sariawan.

Malas mengonsumsi buah dan sayur

Sudah terserang sariawan dan masih malas mengonsumsi buah dan sayur? Jangan heran kalau perihnya tak kunjung mereda. Konsumsi buah dan sayur sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, sehingga mempercepat proses penyembuhan sariawan yang sedang dialami. 

Beberapa buah dan sayur yang baik dikonsumsi saat sariawan antara lain jeruk, pisang, papaya, dan sayuran hijau yang mengandung asam folat, seperti bayam dan asparagus.

Terlalu banyak konsumsi makanan pedas

Sebenarnya, mengonsumsi makanan pedas bukan penyebab utama sariawan. Tapi, jika terlalu banyak menyantapnya, bisa memberikan efek panas pada tubuh, yang kemudian mengganggu kesehatan pencernaan dan memicu panas dalam. 

Saat sariawan, sebaiknya hindari dulu mengonsumsi makanan pedas, agar kondisinya tak semakin parah.

Selain mengatasi sariawan dengan pengobatan yang tepat, hindari juga beberapa kebiasaan di atas untuk mempercepat kesembuhannya.

Related

Health 8613309072107830589

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item